31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

11 Feb 2016
By admintph

Begini Caranya Nggak Ketergantungan Sama Gadget

Begini Caranya Nggak Ketergantungan Sama Gadget

Segala aktivitas sekarang ini seolah tidak bisa dilakukan tanpa gadget. Sebut saja seperti berkomunikasi via telepon, sms, chatting dengan aplikasi messaging lainnya. Semuanya terasa wajib dilakukan guna menjaga hubungan baik dengan keluarga, teman, atau mungkin relasi kerja. Gadget canggih sekarang ini tidak hanya mendukung komunikasi tetapi banyak hal lain. Misal bekerja dengan dokumen, membuat presentasi, dan sebagainya. Ada pula banyak hiburan seperti game yang bisa dinikmati dengan gadget.

Dengan banyak fungsi yang diberikan sangat jelas bahwa gadget memang one stop portable device. Gadget pun cukup enteng dibawa kemana saja. Di satu sisi, gadget memang memberi kemudahan.Namun, di sisi lain gadget juga bisa membuat fren jadi ketergantungan. Sekarang ini gadget memang seperti barang wajib ada. Kemana saja fren pergi rasanya akan kurang bila gadget tidak menemani. Apalagi bila di lokasi tersedia free wifi, bisa jadi fren akan lupa waktu karena keasyikan berseluncur di dunia maya.

Bila demikian, salah-salah frem malah menjadi manusia tidak produktif lantaran ketergantungan dengan gadget. Untuk itu, sekiranya fren perlu tahu begini caranya agar nggak ketergantungan gadget.

Kurangi Penggunaan Gadget

Tidak bisa dipungkiri gagdet memberi banyak kemudahan melakukan aktivitas harian. Tetapi, perlu fren ingat masih ada banyak pula kegiatan seru yang bisa dilakukan tanpa gadget. Oleh karenanya, agar tidak kecanduan gadget mulailah untuk mengurangi penggunaannya. Sebagai permulaan fren bisa mencoba mematikan gadget selama 1 jam tiap harinya. Biarkan diri fren berinteraksi bebas dengan orang lain atau bekerja tanpa gadget.

Sadar Waktu Kapan Mesti Menggunakan Gadget

Atur waktu fren sebaik mungkin dan sadari kapan saja perlu menggunakan gadget. Saat sedang bekerja atau belajar usahakan jauhkan gadget dari jangkauan. Tidak cukup dengan meletakkan gadget di samping meja atau laci. Hal tersebut masih bisa memancing keinginan untuk menggunakan gadget. Penggunaan gadget di jam kerja tentu hanya akan mengganggu pekerjaan fren bukan. Sehingga secara tidak langsung produktivitas kerja fren pun malah menurun.

Sibukkan Diri Melakukan Aktivitas Lain

Coba alihkan perhatian dengan melakukan aktivitas lain. Misalnya saja pergi olahraga yang notabene membuat tubuh jauh lebih sehat. Selain menyehatkan tubuh, kegiatan olahraga sekiranya juga bisa membuat fren lupa dan meninggalkan gadget untuk beberapa saat. Tentu aktivitas lain tidak hanya olahraga saja. Fren juga bisa melakukan aktivitas bermanfaat lain misal bermain musik, belajar ilmu beladiri, atau sebagainya.

Biasakan Berkomunikasi Secara Langsung

Kecanggihan teknologi sekarang ini tidak dipungkiri menggerus komunikasi 2 arah secara langsung. Tidak jarang 2 orang di dalam ruang yang sama lebih asyik mengobrol via gadget dibanding berkomunikasi secara langsung. Sebenarnya kebiasaan tersebut bisa jadi malah mengurangi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi tatap muka. Sudah terbukti bukan saat banyak orang yang mengobrol di chat atau grup sepertinya sangat lancar, tetapi saat bertemu langsung orang tersebut malah sangat diam. Seseorang dengan sifat demikian biasa disebut keyboard warrior alias pandai mengetik tetapi kurang pandai berbicara.

Write a Reply or Comment