30 °C
few clouds
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

25 Aug 2015
By admintph

Biar Kamu Nggak Cepat Pegel Walau Kerja Di Depan Komputer

Biar Kamu Nggak Cepat Pegel Walau Kerja Di Depan Komputer

Fren, bagi kamu yang bekerja di belakang meja, duduk selama 8 jam sehari merupakan hal yang biasa kamu hadapi. Tentu saja kondisi ini tidak bisa di biarkan. Pasalnya tidak hanya risiko masalah tubuh yang pegal saja yang akan kamu hadapi, tapi beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti wasir, obesitas dan lainnya.

Nah, untuk meminimalisir kemungkinan gangguan tersebut, dilansir dalam Daily Mail, berikut merupakan trik agar tubuh kamu tidak cepat pegal, walaupun harus bekerja seharian penuh sambil duduk.

Sesuaikan Ukuran Meja

Gunakanlah meja kantor atau meja komputer yang sesuai dengan ukuran tubuh kamu, minimalnya meja kantor yang setinggi pinggang. Dengan ukuran meja yang pas, posisi duduk kamu akan lebih nyaman, dan punggung pun tidak akan mudah pegal.

Kaki Menapak Ke Lantai

Usahakan untuk menggunakan kursi yang bisa diset sesuai dengan kebutuhan. Cara ini dilakukan untuk memastikan kaki kamu mendapatkan sandaran yang nyaman. Tidak hanya itu, posisi duduk seperti ini akan membuat berat kaki kamu tertahan oleh paha, sehingga kaki kamu pun akan lebih ringan.

Kursi Dengan Sandaran Lengan

Gunakan kursi dengan sandaran lengan. Sandaran ini sendiri diciptakan untuk membuat posisi duduk kamu lebih sempurna, dan memberikan kesempatan tangan untuk beristirahat sejenak setelah lama tergantung ketika kamu fokus mengetik pekerjaan di depan komputer.

Istirahatkan Matamu

Minimalnya, 2 jam sekali kamu harus mengistirahatkan mata dengan melihat ke arah objek yang jauh, misalnya objek di luar gedung, pegunungan, pepohonan dan lainnya. Kalau kamu punya rekan kerja yang sedikit bening, boleh kok sesekali melihat ke arahnya hanya untuk membuat kamu lebih rileks.

Peregangan

Ketika tubuh sudah merasa pegal, cobalah untuk melakukan peregangan otot. Lakukan secara perlahan agar tubuh tidak kaget. Selain itu, perhatikan juga posisi duduk kamu. Usahakan kamu duduk dalam posisi yang tegak agar kamu tidak mudah stres, dan tubuh lebih tenang.

Intinya, usahakan diri kamu selalu dalam posisi yang nyaman. Dengan posisi ini, kamu akan lebih tenang, dan otomatis rasa pegal pun akan hilang. Bagaimana Fren, mudah banget bukan? Selamat mencoba!

Write a Reply or Comment