30 °C
few clouds
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

05 Nov 2015
By admintph

Cara-Cara Brilian untuk Mendapatkan Ide

Cara-Cara Brilian untuk Mendapatkan Ide

Fren masih pusing dengan proyek sekolah atau kampus yang semakin dekat dengan deadline? Atau kamu bingung bagaimana caranya mendapatkan ide di saat pikiran sedang suntuk? Jangan makin bingung Fren, mencari ide brilian di saat sedang dalam tekanan memang nggak mudah kok. Bahkan para ilmuwan penemu juga pernah merasakan yang namanya creativity block, suatu kondisi di mana rasanya ide kamu sudah mentok dan nggak kepikiran ide yang lebih hebat lagi. Semakin kamu stress semakin sulit pula kamu akan mendapatkan ide brilian yang kamu cari. Maka dari itu kunci untuk bisa memecahkan masalah dalam  kondisi penuh tekanan adalah tenang. Sulit memang, tapi bukan berarti kamu nggak bisa. Berikut ini adalah tips-tips untuk kamu mengenai cara-cara mendapatkan ide yang brilian.

Lampaui batas

Kreativitas bisa datang dari mana saja bahkan dari pikiran paling kriminal sekalipun. Kalau kamu penggemar film aksi, kamu pasti sering melihat betapa para kriminal ini memiliki cara-cara yang brilian untuk melancarkan aksinya. Coba kamu praktekan cara yang sama, buang semua batas yang membelenggu seperti moral, hukum, cara pandang sosial dan lain sebagainya. Bukan berarti kamu harus menyelesaikan masalah dengan cara yang melanggar hukum. Maksudnya, dari sini kamu akan menemukan pola pikir dengan sudut pandang yang berbeda dan dengan sedikit utak-atik bisa diubah menjadi cara yang nggak melanggar.

Kabur

Dalam situasi yang penuh tekanan kamu dituntut untuk memberikan keputusan dengan tepat dan cepat. Kamu diharapkan untuk selalu stand by  menjawab semua pertanyaan dan tuntutan dari orang-orang yang mengandalkanmu. Beban tanggung jawab seperti ini bisa menjadi penghambat bagi munculnya ide gila yang ditunggu-tunggu banyak orang. Kamu bisa kabur sejenak dari tanggung jawab ini misalnya pergi ke suatu tempat sendirian atau mengosongkan pikiran di dalam kamar. Otak akan bisa bekerja dengan baik apabila ada stimulant baru ketimbang terus didera dengan rutinitas dan tanggung jawab.

Melatih “otot ide”

Michael Levin, seorang penulis best seller percaya bahwa ide-ide itu seperti otot. Ia butuh dilatih secara rutin sehingga terbentuk dan bisa digunakan kapan saja ketika kita membutuhkannya. Layaknya otot-otot di tubuh manusia yang akan menonjol dan kuat apabila sering melakukan latihan beban.  Fren bisa melatih otak untuk menjadi kreatif dengan sering memecahkan masalah. Dengan demikian otak akan terus terstimulasi mengeluarkan gagasan-gagasan.

Selain itu kamu bisa menuliskan ide-ide yang kamu punya mengenai apapun dalam selembar kertas. Menulis ya, bukan mengetik, karena menulis bisa membantu otakmu untuk bekerja lebih baik dibandingkan mengetik. Ide-ide yang keluar mungkin bukan ide yang brilian, tapi setidaknya kamu terus melatih “otot ide” kamu sehingga waktu menghadapi kondisi di bawah tekanan otakmu sudah siap.

Write a Reply or Comment