31 °C
moderate rain
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

23 Aug 2015
By admintph

Cara Mengajari Cara Pake Gadget ke Orangtua

Cara Mengajari Cara Pake Gadget ke Orangtua

Saat ini, segalanya bisa dengan mudah dilakukan dengan gadget, terlebih untuk berkomunikasi. Untuk itu, demi menunjang kelancaran berkomunikasi, terlebih bersama keluarga, disarankan seluruh keluarga memiliki perangkat gadget, khususnya ponsel, baik itu anak-anak yang sudah cukup umur, hingga orang tua atau para manula.

Tapi bagaimana mungkin kita memberikan perangkat telekomunikasi canggih ini kepada orang yang sudah tua? Gampang saja Fren, berikut merupakan tips untuk memberikan ponsel kepada orang tua atau para lansia, untuk mendukung kelancaran komunikasi kamu dan seluruh keluarga lainnya.

Fitur sederhana

Ponsel sekarang ini semakin pintar. Tidak hanya sebatas tersambung ke internet saja, kini ponsel pun sudah bisa melakukan banyak pekerjaan lainnya. Mereka inilah yang kemudian kita kenal sebagai ponsel cerdas atau smartphone. Nah, agar para orang tua bisa memahami dan menggunakannya, sebaiknya berikan ponsel dengan fitur yang sederhana. Asalkan bisa baca SMS dan bertelepon, itu sudah cukup kok!

Berikan yang dibutuhkan

Kalau ditanya masalah keinginan, semua orang pasti menginginkan sesuatu yang lebih, termasuk dalam hal gadget. Bahkan orang tua pun menginginkan fitur ponsel yang lengkap, dengan segala kemudahan yang dijanjikannya. Tapi ingat, sebelum kamu mengajarkan semua fitur tersebut, terlebih dahulu kamu harus meminta mereka menjelaskan apa yang mereka butuhkan. Intinya, ajarkan yang penting-penting saja.

Singkat jelas

Tentu ini yang harus pertama kamu lakukan. Sisihkan sebagian waktu kamu untuk mengajarkan hal-hal yang mereka butuhkan, dari mulai bagaimana tanda pesan masuk, cara mengirim pesan, cara membaca pesan, tanda panggilan masuk, dan cara melakukan panggilan. Ajarkan semua itu dengan singkat dan jelas!

Ulangi lagi

Setelah semua pembelajaran diberikan, jangan lupa untuk meminta mereka mengulangi apa yang sebelumnya kamu ajarkan. Jangan ragu untuk meminta mereka langsung mempraktikkannya dengan cara melakukan simulasi. Misalnya dengan membuat beberapa panggilan, menulis SMS dan lainnya. Cara ini dirasa lebih efektif untuk membuat mereka lebih mengerti tentang gadget yang dipegangnya.

Selain beberapa trik di atas, kamu harus mengajari mereka dengan sabar. Bagi kita mungkin menggunakan smartphone merupakan hal yang biasa, dan bahkan sangat gampang, tapi mungkin bagi mereka tidak. Selamat mengajar, semoga berhasil!

Write a Reply or Comment