30 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

28 Jan 2016
By admintph

Masker-Masker Alami Supaya Rambut Nggak Rontok

Masker-Masker Alami Supaya Rambut Nggak Rontok

Rambut rontok bisa menjadi masalah bagi siapa saja, baik pria ataupun wanita. Bahkan untuk wanita malah hampir setiap hari mesti berurusan dengan kerontokan rambut. Alhasil banyak wanita dibuat pusing kepala.

Kerontokan sebenarnya adalah hal wajar karena merupakan bagian dari regenerasi rambut. Adapun jumlah rambut yang rontok kurang dari 100 helai per hari masih dikatakan normal. Namun, bila lebih dari itu berarti fren mesti waspada. Bila tidak sigap mencari solusinya bisa jadi fren mesti bermasalah dengan kebotakan.

Kerontokan bisa disebabkan faktor genetika atau turunan. Selain itu, masih ada pula beberapa faktor lain misalnya perubahan hormon, stres, pertambahan usia, kekurangan zat besi, gangguan pada kelenjar tiroid, efek samping obat, atau tidak cocok akan penggunaan produk perawatan rambut tertentu.

Inilah mengapa dalam upaya perawatan mencegah ataupun mengatasi rambut rontok fren mesti jeli. Perawatan rambut rontok tidak melulu harus dilakukan di salon. Fren bisa pula membuat masker alami rambut rontok dengan bahan-bahan berikut ini.

Kelapa

Di dalam kelapa terdapat kandungan lemak, protein, dan mineral yang bermanfaat melembutkan dan mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Kandungan kelapa konon juga efektif mengurangi rambut patah.

Adapun masker kelapa dapat fren buat sendiri dengan memeras daging kelapa seperlu mendapat santannya. Campurkan santan dengan sedikit air lalu aplikasikan pada rambut secara merata hingga membasahi kulit kepala. Lakukan perawatan di malam hari dan biarkan khasiatnya bekerja semalaman. Tutup rambut menggunakan shower cap atau handuk lalu bilas bersih di esok harinya.

Telur

Dalam telur terdapat kandungan protein, mineral, dan sulfur. Karenanya masker alami dari telur berkhasiat efektif mengatasi kerontokan rambut. Khasiat itu pun akan lebih optimal bila dikombinasikan dengan minyak zaitun.

Masker telur bisa fren buat dari 1 butir telur ayam. Cukup gunakan putih telurnya saja. Campurkan dengan 1sdt minyak zaitun lalu kocok sampai mengental. Aplikasikan masker pada rambut dan biarkan 15-20 menit. Setelah itu lanjutkan dengan bilas menggunakan shampoo dan air.

Teh Hijau

Sudah bukan rahasia lagi bila antioksidan dalam teh hijau amat kaya. Siapa sangka bila antioksidan tersebut juga ampuh mencegah rambut rontok dan mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Masker teh hijau cukup gampang dibuat. Fren hanya perlu menyeduh 2 kantong teh hijau dalam segelas air panas. Biarkan dingin lalu aplikasikan seduan teh hijau pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat lalu bilas bersih.

Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya sudah lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Tanaman keras ini pun sangat bagus seperlu mencegah kerontokan rambut dan kulit kepala teriritasi atau kering.

Masker alami ini dapat dibuat dengan memotong daging lidah buaya seperlu mendapatkan gelnya. Aplikasikan gel lidah buaya pada kulit kepala lalu diamkan. Bila sudah terasa kering lanjutkan dengan bilas menggunakan air hangat.

Write a Reply or Comment