27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

15 Oct 2015
By admintph

Perangi Insomnia Supaya Bisa Tetap Lelap!

Perangi Insomnia Supaya Bisa Tetap Lelap!

Fren, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan diterbitkan dalam Journal Sleep, menyebutkan jika pola tidur remaja Amerika sangat buruk. Bahkan sebanyak 37 persen remaja di sana, rutin menghabiskan akhir pekan dengan begadang, sedangkan 86 persen lainnya mengaku sering bangun siang di akhir pekan.

Kondisi ini  tentu saja tidak terjadi di Amerika saja, di Indonesia pun banyak remaja yang memiliki pola tidur buruk, dan bahkan di tetapkan mengalami gangguan insomnia. Jika sudah begini, kurangnya waktu tidur akan membuat konsentrasi mereka menurun, rentan mengalami gangguan psikologis dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Tapi jangan khawatir Fren, sekarang kita akan membagikan beberapa tips untuk memerangi insomnia, agar tidur kamu bisa lelap setiap malam, seperti dilansir dalam MeetDoctor.com.

Kamar yang nyaman

Kamar yang nyaman merupakan modal utama untuk bisa tidur lelap. Untuk itu, buatlah suasana kamar kamu nyaman dengan rutin membersihkannya, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan jauhkan benda-benda yang bisa mengganggu tidur kamu.

Jauhkan laptop dari kasur

Apapun alasannya, ketika waktu tidur tiba, segera jauhkan laptop dari jangkauan tangan kamu. Pasalnya, Laptop, smartphone, Play Station, Televisi dan lainnya, merupakan benda-benda yang akan terus menggoda kamu untuk menghabiskan malam dengan memainkannya. Jauhkan mereka agar kau bisa leluasa untuk tidur setiap malam.

Pilih kasur yang nyaman

Standar nyaman memang masih bias. Tapi intinya, kasur yang nyaman bisa dikategorikan sebagai kasur yang bersih. Hal yang sama pun berlaku untuk bantal dan guling kamu. Nggak kebayang kan kalau kau harus tidur di kasur yang bau dan penuh dengan tumpukan kotoran. Idih.. Ngeri banget deh!

Matikan lampu

Sebuah penelitian mengatakan jika orang akan lebih mudah tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik kalau kondisi kamar gelap. Kondisi ini berhubungan erat dengan ritme circadian yang dimiliki manusia dan hormon melatonin yang sangat bertanggung jawab atas waktu tidur kamu.

Aromatherapy

Dengan menghirup aromaterapi 30 menit sebelum tidur, para peneliti percaya kamu akan lebih mudah untuk menjadi lebih relaks. Kondisi ini akan membuat tubuh kamu siap untuk tidur. Selain itu, kamu pun bisa mengonsumsi segelas susu hangat untuk mengundang kantuk datang.

Sangat mudah kan Fren? Yuk kita cukupkan kebutuhan tidur harian kita, baik dari kuantitas ataupun kualitas, untuk kesehatan dan masa depan yang lebih baik. selamat mencoba, dan tidurlah yang lelap!

Write a Reply or Comment