28 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

25 Nov 2015
By admintph

Tips Agar Mudah Fokus dan Berkonsetrasi

Tips Agar Mudah Fokus dan Berkonsetrasi

Fokus dan konsentrasi adalah dua hal yang harus dimiliki ketika sedang beraktivitas. Ketika kamu tidak fokus dan tidak konsentrasi, otomatis aktivitas yang dijalankan buyar begitu saja. Fren, apakah kamu termasuk orang yang masih sulit untuk mampu fokus dan berkonsentrasi dalam waktu lama? Jangan sampai menjadi kebiasaan, ikuti saja tips berikut ini.

Lakukan di Tempat yang Nyaman

Setiap kali kamu melakukan aktivitas, lakukan di tempat yang nyaman. Beruntung jika kamu melakukan aktivitas di kantor karena pasti ada ruang khusus untukmu. Namun jika di rumah, lakukanlah aktivitas jauh dari tempat tidur. Pilih tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas. Sebab ketika kamu melakukan aktivitas di tempat tidur atau dekat dengan tempat tidur, otomatis membuat otak tidak fokus dan tidak konsentrasi. Melihat tempat tidur, timbul rasa kantuk yang menyebabkan berbagai gangguan dalam melakukan aktivitas. Dengan menemukan tempat nyaman untuk beraktivitas, maka kamu tidak akan terganggu dengan berbagai hal yang membuatmu sulit fokus dan sulit berkonsentrasi.

Kerjakan Satu Aktivitas dalam Satu Waktu

Kerjakanlah satu aktivitas dalam satu waktu. Fren, kamu bukan robot yang dapat mengerjakan berbagai aktivitas dalam satu waktu. Buatlah list apa saja aktivitas yang harus kamu kerjakan. Kemudian bagi ke dalam beberapa waktu. Sebagai contoh, ketika kamu hendak mengerjakan tugas, sediakan waktu satu jam untuk mengerjakannya. Ketika kamu hendak bersih-bersih rumah, sediakan waktu dua jam untuk itu. Atau ketika kamu harus mengejar deadline dan bertemu klien bisnis. Sediakan waktu satu jam untuk deadline tersebut dan satu jam untuk berteu klien. Sehingga dalam satu hari, pekerjaanmu dapat selesai dengan rapi. Dan kamu fokus dan berkonsentrasi dengan setiap aktivitas yang dilakukan.

Cobalah untuk Sejenak Mencari Suasana Baru

Wajar ketika kamu melakukan aktivitas, ada kalanya tidak fokus dan tidak konsentrasi. Namun jangan menjadi kebiasaan. Ketika otak mulai terganggu dengan hal kecil sekalipun, cobalah untuk sejenak mencari suasana baru. Dapat dengan sekadar jalan-jalan, melihat pemandangan dari tempat kamu duduk, fren. Atau mengubah posisi kamu ketika melakukan aktivitas. Menghirup udara sambil sejenak jalan-jalan ke taman yang ditumbuhi oleh bunga dan tanaman juga dapat kamu lakukan, fren. Sehingga aliran oksigen dari dan menuju otak dapat lancar kembali.

Melakukan Meditasi

Meditasi dilakukan untuk melatih otak agar dapat mudah fokus dan berkonsentrasi terhadap satu hal. Luangkan waktumu untuk bermeditasi. Ketika kamu memiliki waktu luang, cobalah untuk bermeditasi. Dengan meditasi, otak belajar untuk tidak mudah terganggu dengan hal yang sangat kecil ketika kamu sedang melakukan aktivitas. Sehingga kamupun menjadi lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi. Jadi, itulah tips yang dapat kamu lakukan agar fokus dan berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas.

Write a Reply or Comment