26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

24 Mar 2016
By admintph

Tips Atasi Ngantuk Saat Ujian

Tips Atasi Ngantuk Saat Ujian

Hayo ngaku, kamu masih suka mengantuk di kelas kan? Ngantuk di kelas bisa disebabkan karena banyak hal, dari mulai makanan yang kamu konsumsi, kurang tidur dan berbagai penyebab lainnya, termasuk stres dan rasa bosan karena menerima pelajaran yang nggak kamu sukai.

Tentu saja ngantuk di kelas merupakan hal yang sangat merugikan, apalagi kalau kamu sedang menghadapi ujian. Nah, agar kejadian ini tidak menimpa kamu, berikut merupakan trik mudah mengatasi ngantuk saat ujian.

Jangan Begadang

Menjelang ujian, kebanyakan dari kamu akan belajar keras di malam hari. Alhasil, bukan konsentrasi yang kamu dapat, justru selama mengikuti ujian, kamu malah akan berhadapan dengan rasa kantuk yang menyiksa. Untuk itu, sebaiknya persiapkan diri jauh-jauh hari, dan hindari begadang sebelum ujian.

Menggerakkan Anggota Tubuh

Ngantuk bisa disebabkan karena tubuh tidak banyak bergerak alias pasif. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menggerakkan tubuh ketika rasa kantuk datang. Caranya, cukup gerakan tangan atau kaki sedikit agar fokus kamu teralihkan dan kantuk pun terabaikan.

Arakan pandangan

Terus menerus memandangi deretan nomor dan pertanyaan akan membuat kamu bosan hingga rasa kantuk pun menyerang. Untuk itu, sesekali coba alihkan pandangan ke depan, atau ke luar kelas. Kalau ada kecengan sekelas, nggak ada salahnya sesekali kamu kagumi keindahan wajahnya.

Motivasi Diri

Memotivasi diri sendiri memang lebih sulit ketimbang memotivasi diri sendiri. Tapi ketika kamu ingat persaingan di kelas, dan cita-cita kamu untuk mendapatkan nilai sempurna, ini akan membuat semangat kamu terlecut dan tubuh kamu pun akan tergerak untuk lebih fokus kepada soal yang dikerjakan.

Makan Permen

Sembunyi-sembunyi saja ya Fren! Cobalah untuk menyediakan beberapa permen untuk kamu emut-emut selama mengerjakan soal ujian. Point plus-nya, banyak penelitian yang membuktikan jika mengunyah permen karet akan membuat kamu lebih fokus.

Fren, sebenarnya masih banyak trik lainnya agar kamu bisa lebih fokus ketika menjalani ujian. Apapun itu, pokoknya usahakan agar kamu tidak mengantuk selama ujian. Lagian rugi banget kan kalau nilai kamu jeblok hanya karena kantuk? Kamu punya ide lain? Sharing yuk di sini!

Write a Reply or Comment