26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

13 Mar 2016
By admintph

Tips Maksimalin Kamera HP untuk Fotografi

Tips Maksimalin Kamera HP untuk Fotografi

Sekarang ini nyaris semua produk handphone memiliki fitur kamera. Wajar bila kualitas kamera kini menjadi salah satu pertimbangan membeli handphone baru. Seolah ingin bersaing menggaet konsumen, pabrikan handphone pun saling berlomba memberikan fitur kamera terbaik. Karenanya handphone dengan kamera berkekuatan besar sekarang sudah jadi hal biasa. Bahkan salah satu produk smartphone konon memiliki kamera berkekuatan 21MP yang menjanjikan gambar super bening.

Namun, ada kualitas ada harga. Untuk mendapatkan ponsel dengan kamera bagus fren mesti merogoh saku sedikit dalam. Tidak perlu khawatir. Dengan bermodal handphone berkamera standar sebenarnya fren bisa memaksimalkan fitur kamera untuk fotografi. Berikut tips-tipsnya.

Atur Jarak ideal dengan Obyek

Pertama atur jarak ideal dengan obyek. Handphone berkamera standar biasanya tidak dibekali lensa zoom maksimal. Karenanya, usahakan fren bisa mendekati obyek. Trik pengambilan foro close up cukup efektif membuat hasil jepretan ketara lebih detil. Hanya saja tetap jaga jarak. Pasalnya tidak semua handphone menyediakan mode pengambilan gambar makro. Sehingga jarak yang terlalu dekat malah membuat gambar blur.

Pilih Resolusi Tinggi

Agar kualitas foto terlihat apik gunakan resolusi tinggi. Semakin tinggi resolusi yang dipilih, jelas akan semakin baik hasil fotonya. Perbedaan resolusi tinggi dan rendah ini bisa dilihat jelas pada layar handphone. Apalagi bila foto dipindah ke layar PC.

Pengaturan Cahaya

Dalam fotografi cahaya pun menjadi faktor kunci yang penting seperlu menghasilkan karya optimal. Jadi bidik obyek pada cahaya cukup. Kecuali fitur kamera fren mempunyai flash. Untuk memotret di bawah cahaya matahari, usahakan obyek tidak membelakangi arah datangnya cahaya. Namun, bisa juga dicoba bila fren sengaja membuat foto siluet.

Perhatikan Latar

Saat ingin memotret pastikan untuk memperhatikan latar. Jangan sampai latar malah mengganggu obyek yang ingin difoto. Dalam hal ini pintar-pintar dalam mengambil sudut foto agar latar bisa proporsional dan mendukung obyek utama. Bila kapasitas memori masih mencukupi, tidak ada salahnya fren mengambil foto dari banyak sudut untuk mendapat hasil terbaik.

Pastikan Kebersihan Lensa

Kebersihan lensa kamera juga tidak boleh dilupa. Karenanya penting melindungi handphone menggunakan casing. Hal ini agar lensa kamera juga terjaga, baik dari debu ataupun goresan yang akan mengurangi kualitas hasil bidikan.

Kenali Fitur Kamera pada Handphone

Tips terakhir yaitu mengenali fitur kamera yang tersedia. Fitur kamera pada handphone yang satu dengan yang lain bisa jadi jauh berbeda. Di beberapa tipe tersedia fitur kamera lengkap seperti exposure, brightness, white balance, dan lainnya. Kenali setiap fitur yang tersedia agar fren dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Saat memotret pastikan pula posisi tubuh dan tangan tidak bergoyang saat shutter ditekan.

Write a Reply or Comment