28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

17 Jan 2016
By admintph

Tips Manfaatkan Liburan Kuliah

Tips Manfaatkan Liburan Kuliah

Di akhir semester biasanya mahasiswa memiliki waktu libur cukup panjang sebelum masuk semester baru. Tentu akan sia-sia bila liburan hanya dihabiskan untuk bermalas-malasan. Pastinya juga membosankan bila fren hanya berlibur di rumah, menonton TV, main game, dan tiduran seharian.

Lalu, apa yang mesti dilakukan? Apakah fren sudah merancang agenda liburan panjang kali ini? Bila belum, yuk simak beberapa tips memanfaatkan liburan kuliah berikut ini.

Pulang ke Rumah Membantu Pekerjaan Ortu

Tips manfaatkan liburan pertama yaitu pulang ke rumah dan membantu pekerjaan ortu. Hal ini berlaku bagi fren yang termasuk mahasiswa rantau dan jauh dari rumah. Fren dapat menggunakan waktu liburan sebaik mungkin untuk membantu orang tua di kampung halaman. Apalagi bila orang tua mempunyai usaha sendiri seperti membuka toko, bengkel, salon, atau bisnis lainnya. Dengan hal ini tentunya waktu berkumpul bersama keluarga akan jauh lebih bermakna.

Mencari Pekerjaan Freelancer

Waktu liburan yang cukup panjang mungkin saat yang tepat bagi fren berlatih mandiri dengan mencari pekerjaan. Cari pekerjaan yang tidak terlalu mengikat misal bekerja sebagai freelancer. Hal ini penting seperlu mendapat pengalaman bekerja. Dengan cara ini waktu liburan fren pasti lebih bernilai profuktif dan menghasilkan uang. Selain itu, secara tidak langsung juga menjadi jalan mencari link atau jaringan yang mungkin dapat membantu saat fren sudah lulus sebagai mahasiswa nanti.

Mengambil Semester Pendek atau Melakukan Penelitian

Bila fren masih memiliki beberapa mata kuliah yang perlu diulang tidak ada salahnya memanfaatkan waktu liburan untuk mengambil semester pendek. Meski sedang liburan, tidak ada salahnya memikirkan masalah akademis bukan. Mengambil semester pendek sekiranya akan meringankan beban kuliah fren di semester biasa. Selain itu, fren juga bisa menanyakan kepada dosen terkait proyek penelitian yang mungkin bisa fren ikuti. Tentu ada nilai tambah berupa ilmu dan pengalaman yang bisa fren dapatkan. Apalagi bila penelitian yang fren lakukan dapat dijadikan judul untuk Tugas Akhir atau TA.

Travelling

Momen liburan panjang bisa pula fren manfaatkan untuk travelling mengunjungi tempat yang diinginkan. Misalnya saja berlibur ke luar kota atau malah ke luar negeri. Agar liburan lebih seru ajak teman atau keluarga. Berlibur tentu sangat efektif menyegarkan pikiran sebelum memulai semester baru. Namun, berlibur ke obyek wisata dekat rumah juga sudah cukup efektif seperlu mengusir penat dan lelah.

Beberapa tips memanfaatkan liburan semester di atas bisa fren pertimbangkan sesuai kebutuhan. Bisa jadi fren melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Misalnya fren pulang ke kampung halaman, membantu pekerjaan orang tua, dan sembari mencari pekerjaan sampingan di sekitar rumah. Jangan lupa luangkan waktu menjelang akhir liburan untuk berwisata. Karena fren tentu membutuhkan waktu bersantai agar lebih siap menyambut tantangan semester baru.

Write a Reply or Comment