25 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

24 Sep 2015
By admintph

Tips Merawat Pakaian Sutera

Tips Merawat Pakaian Sutera

Fren, sutera merupakan salah satu kain premium yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Pantas kalau setiap orang yang memakainya, akan terlihat sangat cantik dan mewah. Coba kamu bayangkan saja, kain sutera ini memiliki warna dan motif yang sangat khas, dengan tingkat kehalusan yang sangat tinggi.

Bahkan menurut banyak penelitian, jika kain sutera ini dijadikan sebagai seprei atau sarung bantal, maka orang yang biasa tidur di atasnya akan terlihat lebih cantik dan awet muda. Sangat pantas kan kalau perawatan kain yang berasal dari ulat sutera ini perawatannya harus ekstra ketat?

Nah, supaya kamu tidak rugi banyak karena ceroboh ketika merawat pakaian dengan bahan kain sutera, berikut merupakan tip merawat kain sutera agar tetap awet dan selalu terlihat memesona setiap waktu, seperti dilansir dalam Indian Times.

  • Pokoknya, jangan berani-berani mencuci pakaian sutera dengan menggunakan mesin cuci. Mendingan kamu cuci sendiri dengan menggunakan tangan, atau kalau mau menyuruh, pastikan orang itu teliti dan peduli akan kebesaran kain sutera ini.
  • Jangan merendam pakaian sutera ke dalam deterjen, sebaiknya gunakan shampoo dengan formula lembut. Kalau kamu ingin lebih aman, gunakan saja shampoo bayi yang sudah pasti memiliki formula super lembut.
  • Saat sedang merendam, sebaiknya perhatikan kebersihan tempat rendamannya. Selain itu, pisahkan kain sutera ini di tempat yang terpisah, alias jangan dicampur dengan pakaian lainnya.
  • Ketika membilas, sebaiknya kamu harus lebih berhati-hatilah. Ingat, kamu tidak perlu memeras pakaian sutera dengan kencang, bahkan kalau bisa, langsung saja bawa dengan airnya biar air sisa bilasan turun dengan sendirinya.
  • Ketika menjemur, sebaiknya jangan di jemur di bawah terik matahari langsung, cukup angin-anginkan, itu juga sudah cukup kok!
  • Ketika pakaian sutera hampir kering, kamu bisa langsung Tapi ingat, yang disetrika itu bagian dalamnya, bukan bagian luarnya. Selain itu, atur suhu setrika dengan suhu sedang.
  • Pastikan lemari pakaian kamu bebas dari serangga, jamur dan hal lainnya yang bisa merusak keindahan pakaian sutera kamu. Kalau perlu, kamu bisa menggunakan pengusir serangga khusus untuk lemari pakaian.
  • Ketika akan disimpan dalam waktu yang lama, sebaiknya bungkus pakaian sutera ini dengan plastik khusus pakaian. Selain melindungi pakaian dari lembab dan hal-hal yang dapat merusaknya, cara ini pun efektif untuk mempertahankan kemilau warna dari kain sutera tersebut.
  • Yang terakhir, jangan lupa untuk melihat label yang tertera dalam pakaian sutera kamu. Kalau di sana terdapat tulisan Dry Clean Only, mau tidak mau kamu harus mencuci pakaian sutera ini ke tempat yang menyediakan jasa dry cleaning.

Bagaimana Fren? Walaupun ribet, kain sutera ini super banget lho!

Write a Reply or Comment