27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

29 Nov 2015
By admintph

Tips Supaya Buku Nggak Berjamur

Tips Supaya Buku Nggak Berjamur

Berapa banyak buku yang kamu miliki saat ini, fren? Amankah buku-buku yang kamu simpan itu? Meskipun tertata rapi di rak buku, belum tentu kondisi bukumu aman. Terlebih untuk menghindari risiko supaya bukumu nggak berjamur. Jika kamu belum tahu apa yang harus dilakukan, berikut tipsnya.

Taburkan Kapur Barus

Belilah kapur barus untuk ditaburkan di sekitar buku-buku yang kamu miliki. Berikan taburan kapur barus yang kamu hancurkan di atas dan bawah buku-buku tersebut. Kemudian pada bagian sudut rak buku, letakkan kapur barus yang tidak dihancurkan. Pemberian kapur barus berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sebab kapur barus berfungsi untuk mengurangi kelembapan buku.

Rajin Membersihkan Rak Buku dan Buku

Ada baiknya setiap seminggu sekali mengecek kondisi buku-buku tersebut. Terutama rak buku sebagai tempat untuk menyimpan buku. Jika rak buku terbuat dari bahan yang mudah lembab, hendaknya sering dibersihkan. Atau ganti rak buku yang terbuat dari bahan yang tidak mudah lembab, antijamur, dan antirayap. Kemudian bersihkan buku-buku dengan kain kering yang bersih. Jika debu yang menempel banyak, basahi sedikit kain dan gunakan untuk membersihkan buku yang berdebu. Namun jangan langsung menyimpan buku tersebut. Pastikan kondisi buku-buku benar-benar kering. Hindari langsung menyimpan buku yang baru saja dibersihkan dengan kain lap basah karena memicu pertumbuhan jamur.

Hindari Menyimpan Buku di Dalam Kardus

Masih adakah buku yang tersimpan di dalam kardus? Jika iya, segera pindahkan ke rak buku. Terlalu lama menyimpan buku di dalam kardus akan membuat buku menjadi rusak dan berjamur. Kondisi asam dan lembab di kardus membuat buku tidak hanya akan berwarna kuning pada kertasnya. Namun juga menimbulkan jamur. Sehingga jangan sampai bukumu rusak hanya karena disimpan di dalam kardus dalam waktu yang lama.

Simpan Buku di Tempat yang Tidak Lembab

Letakkan rak di tempat yang tidak lembab. Pilih ruang yang kering dan paling tidak sedikit terpapar sinar matahari dari balik jendela ruangan. Untuk menghindari rak dan buku dalam kondisi lembab. Menyimpan buku di tempat yang tepat dapat mencegah bukumu nggak berjamur, fren.

Jika Buku dalam Kondisi Basah, Segera Keringkan

Pernahkah kamu membawa buku dan kehujanan? Membuat kondisi buku menjadi basah karena hujan. Buku yang basah karena hujan juga dapat memicu pertumbuhan jamur. Namun tenang saja karena kamu dapat menghindari buku dari pertumbuhan jamur. Bagaimana caranya? Segera keringkan buku yang basah tersebut. Kamu dapat mengeringkan dengan kipas angin atau hair dryer. Jangan simpan buku tersebut di rak jika masih basah atau lembab. Biarkan di tempat yang terbuka agar cepat kering. Semoga tips di atas berguna dan dapat menghindari buku-buku kamu dari pertumbuhan jamur ya, fren.

Write a Reply or Comment