31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

26 Mar 2016
By admintph

Trik Supaya Foto Nggak Shaking Tanpa Tripod

Trik Supaya Foto Nggak Shaking Tanpa Tripod

Kalau kamu salah satu penikmat, sekaligus pencinta fotografi, tentu kamu sering mendengar istilah Camera Shake. Salah satu penyakit yang bisa membuat hasil jepretan foto kamu jadi blur atau buram ini sangat menyebalkan. Bahkan tidak jarang momen-momen penting akan terlewat karena masalah ini.

Lantas, adakah cara untuk mengatasinya?

Sebenarnya, cara paling efektif untuk mengatasi tragedi Camera Shake ini sangat mudah, yakni dengan menggunakan Tripod. Pasalnya, dengan 3 kakinya yang kokoh, Tripod mampu membuat hasil jepretan kamu lebih sempurna, sekaligus ampuh untuk meminimalisir terjadinya tragedi camera shake.

Tapi sayang, tidak setiap hari kita bisa membawa Tripod, misalnya ketika kita berpetualang, atau karena memang kita nggak punya perangkat ini. Nah, untuk mengakalinya, berikut merupakan teknik mudah mengatasi camera shake tanpa harus menggunakan Tripod.

  • Gunakan tangan kanan atau tangan yang lebih dominan ketika menggunakan kamera, dimana posisi telunjuk harus tepat berada di atas tombol shutter, serta posisi jempol berada di bagian bodi bagian belakang kamera sebagai penyeimbang.
  • Posisikan tangan sebelah kiri tepat di bawah lensa. Disini tangan kiri berfungsi sebagai penyangga
  • Usahakan posisi kamera dekat dengan tubuh kalau penggunaan kamera dalam mode view finder. Hal ini dilakukan agar stabilitas kamera bisa tetap terjaga dengan maksimal.
  • Kalau kamu menggunakan mode live view, sebaiknya jangan memegang kamera terlalu jauh. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir getaran yang bisa menyebabkan foto menjadi blur.
  • Pilih posisi duduk atau jongkok dengan posisi lutut yang satu lagi menyentuh tanah. Kalau pengambilan gambar sambil berdiri, usahakan posisi kamu tetap stabil. Kalau memungkinkan, kamu bisa mengambil foto sambil bersandar pada bidang yang kokoh.
  • Atur posisi tubuh senyaman mungkin. Dalam beberapa kondisi, bahkan kamu bisa mengambil foto dengan posisi berbaring. Dalam posisi ini, gunakan kedua sikut sebagai penyangga.
  • Sebaiknya maksimalkan gunakan fitur image stabilization atau vibration reduction yang sudah terpasang pada kamera DSLR saat ini. Kalau kamera kamu belum memilikinya, terpaksa kamu harus memaksimalkan teknik diatas.

Fren, dengan teknik yang tepat, niscaya proses pengambilan gambar akan terasa lebih menyenangkan, dan gambar terbaik pun bisa kamu dapatkan. Selamat mencoba!

Write a Reply or Comment