31 °C
moderate rain
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

09 Feb 2016
By admintph

Trik Supaya Hemat Uang Bulanan

Trik Supaya Hemat Uang Bulanan

Saat tinggal jauh dari orang tua, jadi kelabakan terutama di akhir bulan sepertinya sudah biasa bukan? Belum juga tanggal terima uang bulanan, tetapi isi dompet sudah nyaris terkuras habis. Keinginan hemat pastinya ada, namun sepertinya terasa berat diaplikasikan. Perlu fren tahu, sebenarnya ada trik mudah supaya bisa hemat uang bulanan. Apa saja trik-trik tersebut? Yuk simak!

Belanja Sesuai Kebutuhan

Biasanya saat menerima uang bulanan dari orang tua, fren merasa butuh pergi ke minimarket untuk belanja bulanan. Tunggu dulu! Kebiasaan belanja bulanan nyatanya malah membuat fren lebih boros.

Saat belanja bulanan biasanya fren dibuat lupa dengan menganggap semua stok barang kebutuhan sudah habis jadi perlu membeli persediaan baru. Padahal bila dilirik ke lemari tidak jarang persediaan masih cukup sampai pertengahan atau malah akhir bulan. Uang yang dikeluarkan pun bisa lebih besar karena membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, misalnya camilan, minuman kaleng, atau lainnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan belanja saat perlu. Alokasikan uang guna memenuhi kebutuhan bulanan dan perhatikan kuantitasnya agar cukup sampai akhir bulan.

Survei Harga Itu Perlu

Sebagai konsumen fren butuh melakukan survei harga seperlu mendapatkan harga paling miring tanpa mengesampingkan kualitas. Survei harga ini tidak sebatas saat belanja saja, tetapi bisa diaplikasikan pula saat berburu tempat makan enak dengan harga hemat. Ingat dengan harga hemat fren bisa pula makan enak lho! Karena pastinya tidak semua tempat membandrol mahal untuk makanan berkualitas dan enak yang ditawarkan.

Dalam hal ini, fren bisa browsing tempat makan enak ataupun bertanya rekomendasi kepada teman. Atur budget makanmu, supaya tetap bisa makan enak namun hemat kapan saja. Jadi tidak perlu lagi ada cerita makan enak hanya di awal bulan saja.

Say No Laundry

Mencuci sendiri memang terdengar seperti makan banyak waktu. Namun, mencuci baju sendiri merupakan salah satu cara efektif untuk menghemat uang bulanan. Bila fren membiasakan diri menggunakan jasa laundry, maka paling tidak ada rupiah yang mesti dianggarkan untuk biaya laundry.

Coba pikirkan ulang kembali. Bila dikonversi menjadi uang makan, tentu akan memberi peluang fren tetap makan enak sampai akhir bulan. Bila ditabung, pastinya juga akan lebih untung.

Biasakan Jalan Kaki

Pergi menggunakan kendaraan pribadi memang terasa praktis dan bebas. Namun, tidak dipungkiri ada budget tertentu yang mesti fren anggarkan untuk bahan bakar. Bila ingin hemat uang bulanan, tidak ada salahnya mulai sekarang fren biasakan jalan kaki.

Untuk menuju tempat-tempat yang dekat tentu tidak harus mengeluarkan kendaraan dari garasi bukan? Selain hemat, berjalan kaki tentu juga bernilai sehat. Bila punya sepeda, bisa jadi akan lebih baik.

Tentukan Kapan Tarik Tunai ATM

Bila fren biasa mengambil uang bulanan dari ATM, maka perlahan ubah kebiasaan tersebut. Alasannya karena setiap hari fren pasti membutuhkan uang, misal untuk makan, membeli bensin, atau lainnya.

Kebiasaan tarik tunai setiap akan makan bisa membuat fren makin boros.jadi sebisa mungkin tentukan hari apa saja untuk mengambil uang di ATM. Tentukan pula berapa kisaran besar uang yang mesti diambil. Pergunakan secara bijak sampai waktu pengambilan berikutnya.

Write a Reply or Comment