26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

14 Sep 2015
By admintph

Zlata Filipovic; Tak Mau Disamakan dengan Anne Frank

Zlata Filipovic; Tak Mau Disamakan dengan Anne Frank

Fren, kamu tahu kan sosok Anne Frank? Itu lho pengarang dan penulis buku harian The Diary of a Young Girl. Karena bukunya ini, dia sekarang ini menjadi salah seorang Yahudi korban Holocaust yang paling sering dibicarakan pasca perang dunia II.

Nah, kisah Zlata Filipović ini bisa disebut sama dengan Anne, di mana dia sama-sama korban kejahatan perang, kemudian terkenal karena buku hariannya. Pokoknya mirip banget deh dengan kisah Anne Frank. Kamu mau tahu lebih lengkap tentang Zlata Filipovic?

Seperti dilansir dalam Wikipedia, Zlata Filipović merupakan gadis cantik kelahiran 3 Desember 1980. Dia merupakan seorang penulis Bosnia, sekaligus pembuat buku Zlata’s Diary. Zlata sendiri merupakan anak tunggal dari seorang advokat dan ahli kimia. Dengan kekayaan yang melimpah, Zlata kecil tumbuh dalam sebuah keluarga kelas atas yang penuh dengan kebahagiaan.

Dari tahun 1991 s/d 1993, Zlata menulis dalam buku hariannya, yang bercerita tentang bagaimana mencekamnya pengepungan Sarajevo pada masa Perang Bosnia. Karena kemiripan kisah dan tumbuh di era perang yang mencekam, akhirnya banyak agensi berita dan outlet media yang menjulukinya sebagai “Anne Frank dari Sarajevo”.

Walaupun begitu, Zlata menolak jika dirinya dimasakan dengan Anne. Menurutnya, kisah kehidupannya memiliki alur tersendiri. Bahkan di akhir ceria peperangan tersebut, justru Zlata dan keluarganya selamat dan melarikan diri ke Paris. Hal ini berbeda dengan Anne yang harus kehilangan keluarganya karena kekejaman NAZI.

Walaupun begitu, pengalaman kelam Zlata berada di tengah kepungan perang merupakan pengalaman yang tidak akan pernah dia lupakan. Karena itulah kini Zlata aktif menjadi seorang penulis untuk menyuarakan aspirasinya. Salah satunya yang tertuang dalam buku yang berjudul Foreword untuk The Freedom Writers Diary, Stolen Voices: Young People’s War Diaries, dan From World War I to Iraq.

Untuk sekarang, Zlata sendiri tinggal dan terus berkarya di Dublin, Irlandia. Pada tahun 2011, Zlata sempat memproduksi sebuah film pendek yang berjudul Stand Up!. Film ini sendiri khusus di buat untuk mendukung kegiatan BeLonG To, yang merupakan organisasi pelayanan pemuda LGBTQ di Irlandia, untuk melawan penindasan homofobik di sekolah-sekolah.

Write a Reply or Comment