29 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

07 Oct 2015
By admintph

Battle of Surabaya; Karya Anak Bangsa

Battle of Surabaya; Karya Anak Bangsa

Fren, kata siapa film animasi karya anak bangsa tidak bisa mendunia? Buktinya, baru-baru ini film Battle Of Surabaya, menjadi perbincangan yang hangat di dunia maya setelah film ini mendapatkan dukungan langsung dari perusahaan perfilman internasional, Disney.

Seketika, film animasi 2D tersebut langsung menjadi pusat perhatian. Para Netizen ramai-ramai memberikan pujian kepada film ini. Tapi dibalik kesuksesan film karya MSV Pictures, dengan sutradara Aryanto Kurniawan, tersimpan beberapa fakta unik di baliknya.

Salah satunya adalah, fakta unik di mana film ini digarap oleh 180 animator asli Indonesia, di mana mereka adalah para dosen, alumnus, para animator profesional, dan mahasiswa AMIKOM. Demi menghasilkan film animasi yang menceritakan peristiwa 10 November 1945 di Surabaya tersebut, mereka rela bekerja siang dan malam, untuk menghadirkan cerita dan gambar yang sangat epik .

Uniknya lagi, jauh sebelum tayang di bioskop pada 20 Agustus 2015 kemarin, film ini justru sudah berprestasi lebih dulu, salah satunya dalam ajang International Movie Trailer Festival 2013, dan Annual Golden Trailer Award 2014, sebagai nominator. Sangat membanggakan banget ya Fren!

Sempat Ditolak TV Nasional

Walaupun begitu, untuk mencapai puncak kesuksesannya, Battle Of Surabaya harus mengalami berbagai kejadian pahit, salah satunya penolakan dari beberapa TV Nasional. Hal ini diungkapkan langsung oleh sang Produser, M. Suyanto. Kepada media Bisnis.com, Suyanto menceritakan jika film dengan budget produksi Rp 15 miliar tersebut ditolak mentah-mentah.

Karena lelah ditolak terus, bahkan Suyanto sempat mengatakan kalau pihaknya sudah senang jika film ini hanya sekedar tayang saja. tapi sayangnya, upaya negosiasi itu berakhir kekecewaan. Dengan alasan rating, Battle Of Surabaya tetap tidak bisa tayang di TV.

Walaupun begitu, penolakan ini justru berakhir manis. Tanpa di duga, film ini justru melesat di box office Indonesia. Menurut data dari Badan Perfilman Indonesia, hanya dalam waktu 4 hari (20-24 Agustus 2015) penjualan tiket Film Battle of Surabaya sudah menyentuh angka 41,958 lembar. Film ini hanya kalah dari film Love You Love You Not dengan selisih penjualan tiket 426 lembar saja.

Lewat Film ini, kita bisa belajar jika kesuksesan tidak pernah datang dengan mudah. Sukses hanya akan datang dengan kerja keras, dan semangat pantang menyerah. Selamat berkarya animator Indonesia, semoga sukses dan harumkan perfilman Indonesia di kancah internasional.

Write a Reply or Comment