31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

16 Mar 2016
By admintph

Festival Dongeng Nusantara

Festival Dongeng Nusantara

Dongeng merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam kehidupan anak-anak. Bahkan secara turun temurun, kita selalu mendengarkan dongeng sebelum tidur dari orang tua kita. Alhasil, dongeng seperti si kancil, situ bagendit dan berbagai dongeng lainnya terasa tidak asing lagi di telinga kita.

Nah Fren, dalam rangka menyambut Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, para penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), serta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang tergabung dalam Persiapan Keberangkatan Angkatan 59 Pramudya, berinisiatif untuk menggelar sebuah ajang spesial bernama Festival Dongeng Nusantara.

Ajang ini secara khusus digelar pada hari Sabtu 12 Maret 2016, bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat. Tentu saja ini merupakan ajang yang sempurna untuk kamu pencinta dongeng.

Festival Dongeng Nusantara secara khusus hadir dengan mengangkat tagline “Saatnya Cerita Nusantara Berkuasa!”, dengan visi memperkenalkan kembali dongeng nusantara kepada masyarakat sebagai media penyampaian nilai-nilai luhur yang dimiliki Bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, pihak penyelenggara pun berharap jika Festival Dongeng Nusantara bisa menjadi ajang kontribusi sosial yang berdampak langsung kepada masyarakat, terutama untuk menanamkan nilai-nilai luhur budaya Indonesia kepada anak-anak.

Untuk mensukseskan acara ini, berbagai acara telah disusun, dari mulai performances, workshop mendongeng, talkshow dan lainnya. Selain itu, hadir juga kompetisi booth menarik tentang kesehatan, program beasiswa dan berbagai acara hiburan lainnya.

Sesuai dengan acaranya, Festival Dongeng Nusantara secara khusus dikemas dengan nuansa dongeng nasional. Tentu saja kamu akan bertemu dengan berbagai dongeng populer, seperti kisah tentang terbentuknya tangkuban perahu, danau toba, dongeng timun mas dan berbagai dongeng lainnya.

Gempuran dunia modern

Mau tidak mau perkembangan teknologi dan kebutuhan yang terus meningkat, telah membuat dongeng mulai ditinggalkan, dan bahkan sudah mulai dilupakan. Sekarang ini, sangat jarang ada orang tua yang mau membacakan dongeng sebelum tidur untuk anaknya.

Padahal, dongeng sendiri merupakan media pembelajaran yang sangat menarik bagi anak, karena dari sinilah hubungan harmonis antara anak dan orang tua akan terwujud. Selain itu, orang tua pun bisa menyampaikan nilai-nilai luhur tentang budi pekerti dengan cara yang sangat menarik. Makanya, yuk mulai mendongeng, Fren!

Write a Reply or Comment