27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

28 Sep 2015
By admintph

Geliat Dunia Komik di Jakarta Comic Con

Geliat Dunia Komik di Jakarta Comic Con

Untuk pertama kalinya, konvensi hiburan multi-genre dan komik tahunan terbesar di dunia, Comic Con, di gelar di Jakarta pada 25-27 September 2015, kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Walaupun yang pertama, tapi orang-orang yang terlibat dalam ajang ini merupakan tim yang sama yang mensukseskan acara Comic Con di Bangkok pada tahun 2014 dan 2015 kemarin. Sangat pantas kalau Jakarta Comic Con pun sukses besar, dan mampu menyedot perhatian dunia.

Kiblat Hiburan Multi-genre

Sebagai perbandingan, acara Bangkok Comic Con telah berhasil mengundang banyak sekali studio film besar Hollywood, para pembuat komik lokal Thailand, jaringan TV, produsen mainan, produsen cendera mata, parade cosplay dan tentu saja masih banyak acara seru lainnya.

Di tahun 2014, acara Bangkok Comic Con mampu menarik minat hingga 65.000 penggemar komik dari seluruh penjuru Thailand dan negara lainnya. Setelah itu, di tahun ini, Bangkok Comic Con mampu berkembang dan mengundang sebanyak 75.000 penggemar.

Kesuksesan dua tahun di Bangkok ini pun menjadi modal utama pihak penyelenggara untuk menghadirkan ajang Comic Con di Jakarta. Bahkan lewat Jakarta Comic Con, terlihat jelas bagaimana geliat dunia komik di Indonesia yang memiliki masa penggemar melimpah.

Dari San Diego Hingga Jakarta

Comic con sendiri pertama kali digelar sebagai Golden State Comic Book Convention pada tahun 1970 oleh sekelompok warga San Diego, di dalamnya termasuk Shel Dorf, Ken Krueger, Richard Alf, dan Mike Towry.

Setelah itu, acara ini kemudian dikenal dengan nama San Diego Comic Book Convention, yang dalam situs resminya tertulis, Comic-Con International: San Diego. Selain itu, orang-orang di San Diego sendiri kemudian banyak menyebutnya dengan nama Comic-Con atau San Diego Comic-Con.

Tidak jauh berbeda dengan acara Comic Con di San Diego dan Bangkok, ajang Jakarta Comic Con pun berisikan beragam hiburan budaya pop, dari mulai film bioskop, film animasi, serial TV, komik, mainan, kartun, video games, cendera mata, hingga panggung hiburan dan banyak lagi.

Ke depannya, ajang Jakarta Comic Con rencananya akan dijadikan sebagai ajang tahunan, dan kemungkinan besar masih akan bergabung dengan AFA Indonesia, yang merupakan ajang Anime terbesar di dunia, selain Jepang.

Write a Reply or Comment