27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

03 Nov 2015
By admintph

Mengupas Lebih Dalam Perayaan International Men’s Day

Mengupas Lebih Dalam Perayaan International Men’s Day

Pekan lalu, tepatnya 12 November 2015, kita merayakan Hari Ayah Nasional. Memang bukan hari besar tapi cukup istimewa untuk mengenang perjuangan ayah. Sejumlah media sempat mengangkat topik ini dan para netizen umumnya saling berbagi ucapan selamat lewat jejaring sosial. Google doodle pun tak mau ketinggalan dan ikut merayakan Hari Ayah Nasional.

Sebentar lagi akan ada perayaan hari serupa di lingkup lebih luas. Sering disebut International Men’s Day dan jatuh setiap tanggal 19 November. Perayaan ini diresmikan 1999 silam untuk memberikan penghargaan pada sosok ayah. Tak hanya itu, lewat International Men’s Day diharapkan bisa meningkatkan relationship antara pemuda dan pria dewasa. Kaum pria di seluruh dunia juga diharapkan meningkatkan kesadaran terkait kesehatan.

Tapi tahukah kamu ada banyak perbedaan tentang tanggal perayaan untuk ayah ini? Sama seperti hari ibu, tiap negara dan kawasan memiliki versi berbeda menetapkan tanggal. Di hari ibu kita mengenal Hari Ibu Nasional, Mother’s Day dan dan International Women’s Day. Sedangkan di hari ayah, ada Hari Ayah Nasional, Father’s Day dan International Men’s Day.

Persamaan dan Perbedaan Hari Raya Nasional, Father’s Day dan International Men’s Day

Secara konsep, pemikiran dan motivasi ketiga perayaan tersebut memiliki kesamaan. Yakni bentuk reward untuk mengenang jasa ayah, meningkatkan hubungan ayah-anak dan kepedulian pada hal umum terkait masalah pria.

Perbedaannya ialah soal sejarah dan penetapan tanggal. Beberapa negara ada yang menetapkan Hari Ayah Nasional. Sebagian lagi mengikuti perayaan Internasional. Ada 2 perayaan hari ayah yang diikuti sejumlah negara.

Untuk sebagian negara Eropa dan Timur Tengah merayakan Intenational Men’s Day di 19 November. Sementara di Amerika dan 75 negara lain merayakan Father’s Day di minggu terakhir bulan Juni. Misalnya saja Malaysia, Singapura, Hong Kong, Jepang, Turki, Jerman dan sebagainya.

Bentuk perayaannya bermacam-macam. Mulai dari memberikan hadiah spesial untuk ayah, ucapan selamat dan ungkapan lain untuk berterimakasih. Selain itu, biasanya juga ada komunitas dan perkumpulan terkait yang melakukan aksi sosial. Seperti penyuluhan, workshop dan sebagainya.

Sejarah International Men’s Day

Seperti dijelaskan sebelumnya, perayaan ini diresmikan tahun 1999 di Trinidad dan Tobago. Beberapa negara yang mendukung antara lain  Amerika Utara, Asia, Eropa, Afrika dan Karibia.

Menurut UNESCO, International Men’s Day merupakan kesempatan yang sangat baik untuk kembali menggaungkan kesetaraan gender. Contohnya seperti kesehatan dan keselarasan hubungan antara ayah dan anak.

Peringatan hari ayah sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke-12. Faktor sejarah, sistem pemerintahan dan sebagainya lah yang membuat tanggal perayaan berbeda-beda. Tapi apapun itu bukan jadi alasan untuk berdebat dan berpecah. Semangat dan makna hari ayah di semua negara sama, meski beda tanggal. Jadi kapanpun itu, mari kita saling menghargai dan memperingati dengan suka cita.

Write a Reply or Comment