27 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

19 Mar 2018
By admintph

Meriahnya Parade Ogoh-ogoh Menjelang Hari Raya Nyepi

Meriahnya Parade Ogoh-ogoh Menjelang Hari Raya Nyepi

Fren, sudah tahu dong tentang Perayaan Nyepi yang merupakan Hari Raya bagi umat beragama Hindu? Tahun ini Hari Raya Nyepi jatuh pada tangal 18 Maret 2018.

Pada perayaan Nyepi, umat Hindu akan melakukan ritual atau tradisi untuk menyucikan diri nih, Fren. Hari Raya Nyepi sendiri juga dipercaya sebagai hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera.

Pulau Bali adalah salah satu wilayah yang memiliki umat Hindu terbanyak di Indonesia. Saat Perayaan Nyepi, satu hari penuh semua kegiatan ditiadakan termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional yang tutup pada Hari Raya Nyepi, kecuali rumah sakit. Biasanya semua lokasi umum maupun wisata nggak akan buka, dan sepanjang jalanan pun akan sepi banget, Fren.

Dibalik perayaan Nyepi yang bisa dibilang cukup ‘sunyi’ sesuai dengan namanya, ada parade meriah yang diadakan pada 1-2 hari sebelum Hari Raya Nyepi. Parade Ogoh-ogoh, merupakan salah satu pawai yang terdapat dalam rangkaian ritual Buta Yadnya, yaitu ritual untuk menghalau kehadiran buta kala yang merupakan manifestasi unsur-unsur negatif dalam kehidupan manusia.

Parade Ogoh-ogoh menjadi pelengkap festival tahunan yang semarak dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata lho, Fren.

Buta Yadnya sendiri memiliki dua tahapan, yaitu ritual Mecaru yang merupakan upacara persembahan aneka sesajian pada buta kala, dan Ngrupuk yang merupakan ritual berkeliling pemukiman sambil membuat bunyi-bunyian sambil menebar nasi tawur dan menyebarkan asap dupa beramai-ramai. Nah, Parade Ogoh-ogoh ini biasanya dilakukan bersamaan dengan ritual Ngrupuk.

Ada yang tahu nggak, Fren, apa itu Ogoh-ogoh? Ogoh-ogoh merupakan boneka atau patung dengan aneka rupa dan menjadi simbolisasi unsur negatif, sifat buruk dan kejahatan yang ada di kehidupan manusia. Pagelaran Ogoh-ogoh ini mempunyai misi untuk membersihkan jiwa dan lingkungan alam dari semua hal negatif tersebut. Ogoh-ogoh terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi kertas atau styrofoam dan membuat bentuk tiga dimensi.

Parade Ogoh-ogoh ini akan berlangsung serempak menjelang Hari Raya Nyepi di seluruh Bali, mulai dari sore hingga tengah malam. Biasanya nih Fren, Ogoh-ogoh dibuat dari wilayah yang berbeda dengan kreativitas yang tinggi. Desain Ogoh-ogoh yang bermacam-macam, nantinya akan dilombakan dan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat pendatang, khususnya turis dan wisatawan lokal.

Wah.. Pasti seru banget ya Fren, perpaduan antara hari raya dengan budaya lokal memang selalu menjadi pusat perhatian. Apalagi Indonesia memiliki nilai budaya yang sangat tinggi, setuju kan, Fren!?

Mau lihat langsung Parade Ogoh-ogoh? Langsung aja terbang ke Bali menjelang Hari Raya Nyepi, dan jangan lupa bawa Teh Pucuk Harum untuk jadi teman liburan kamu yang menyegarkan!

Masih ada info menariknya lho, yuk like Facebook Teh Pucuk Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini, dan Instagram Teh Pucuk Harum di sini!

Write a Reply or Comment