26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

10 Oct 2015
By admintph

Berenang Tanpa Takut Tenggelam di Laut Mati

Berenang Tanpa Takut Tenggelam di Laut Mati

Di antara Yordania dan Israel, kamu akan menemukan sebuah laut yang sangat fenomenal, bernama Laut Mati. Laut sepanjang Laut 77 kilometer dengan lebar 18 kilometer ini bukanlah laut yang haus akan darah dan banyak menewaskan orang, tapi nama Laut Mati ini diambil karena di sana tidak ada satupun binatang dan tumbuhan yang hidup.

Kondisi ini sendiri dikarenakan kandungan garam Laut Mati sangat tinggi, bahkan bisa dikatakan enam kali lebih tinggi ketimbang air laut biasa. Tidak hanya garam, laut mati pun mengandung mineral, kalsium klorida, magnesium klorida dan potasium kloridanya juga sangat besar.

Dengan kandungan ini, banyak orang yang percaya jika air yang berasal dari laut mati dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan awet muda. Bahkan banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk sekedar berkubang ke lumpur di sekitar pantai, dan menjadikan lumpur ini sebagai masker untuk perawatan kecantikan.

Lantas, kenapa kandungan garam laut mati sangat tinggi?

Penyebab laut mati mengandung garam yang tinggi karena, ketika hujan datang, mineral garam terbawa oleh air sungai, sehingga semua mineral seperti silika, sodium dan magnesium yang ada di sungai-sungai sekitar laut mati, akan terbawa lagi menuju ke sini.

Uniknya lagi, semua air yang ada di laut mati tidak akan kembali lagi mengalir ke tempat lain, tapi akan langsung diangkat ke angkasa lewat penguapan secara alami ketika cuaca sedang panas. Nah, di saat penguapan inilah kandungan garam laut mati tidak terbawa dan tertinggal di lautan.

Lama kelamaan, kandungan garam laut mati akan terus bertambah setiap hari, dan akan terasa jauh lebih asin ketimbang laut-laut lainnya. Tidak hanya itu, dahulu Laut Mati juga sangat luas. Hanya saja, karena penguapan yang tinggi, maka jumlah air lautnya semakin berkurang dan kadar garamnya justru meningkat semakin tinggi.

Tidak akan tenggelam

Yang paling unik dan membuat laut mati ini banyak dikunjungi para wisatawan adalah, kamu tidak akan pernah tenggelam ketika berenang di sini, bahkan untuk kamu yang tidak bisa berenang. Pasalnya, kandungan garamnya yang sangat tinggi, telah membuat tubuh kamu memadai lebih ringan dan terapung di atas laut. Sangat menarik kan Fren?

Write a Reply or Comment