27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

29 Jan 2016
By admintph

Berkemah Seru Nuansa Alam? Ranca Upas Salah Satu Solusi Nih Fren

Berkemah Seru Nuansa Alam? Ranca Upas Salah Satu Solusi Nih Fren

Berkemah tentu menjadi agenda liburan menyenangkan. Betapa tidak. Fren akan mendapati suasana baru yang menyegarkan. Terutama saat bangun pagi membuka mata. Bila biasanya fren melihat dinding atau jendela, maka saat berkemah ada suguhan hijau menyegarkan. Pastinya saat-saat bangun pagi fren akan terasa lebih segar dan memberi suntikan semangat tersendiri. Ingin berkemah seru nuansa alam? Ranca Upas salah satu solusinya.

Serunya Kemah di Ranca Upas

Ranca Upas merupakan sebuah perkampungan yang berada di tengah hutan yang kaya akan keragaman alam menyejukkan mata. Lokasi wisata ini berada 50 km di selatan kota Bandung atau tepatnya berada di desa Alam Endah, Ranca Upas.

Di sekitar Ranca Upas terdapat hutan lindung yang dipenuhi beberapa jenis pepohonan. Sebut saja mulai dari pohon Huru, Puspa, Hamirung, Jamuju, Pasang, dan masih banyak lagi. Selain pepohonan, fren juga bisa menemukan populasi satwa yang hidup bebas di antara pepohonan. Dengan luas lahan 215 hektar yang penuh dengan pepohonan, tidak heran membuat udara di Ranca Upas terasa amat sejuk dan melegakan. Udara di Ranca Upas pun malah terbilang dingin karena berada di ketinggian 1.700 mdpl.

Bagi fren yang mendambakan menikmati suasana alam natural, maka cobalah untuk berkemah di Ranca Upas. Panorama alam Ranca Upas tidak hanya terlihat elok di waktu pagi. Di malam hari saat langit cerah fren pun bisa menyaksikan taburan bintang yang amat terang.

Untuk kebutuhan logistik selama berkemah, fren dapat membawa sendiri atau membeli di sekitar lokasi. Seperlu memberi kenyamanan bagi pengunjung, memang sudah dibangun sejumlah fasilitas umum. Adapun salah satunya warung-warung yang menyediakan beragam jenis makanan ataupun kayu bakar untuk membuat api unggun. Bila fren lupa membawa perlengkapan berkemah, ada pula tempat penyewaan yang menyewakan tenda, sleeping bed, dan kebutuhan kemah lainnya.

Aktivitas Lain

Selain berkemah, fren dapat pula melakukan aktivitas seru lain di Ranca Upas. Misalnya mandi di pemandian air panas, berkeliling danau, trekking di bukit, bersepeda, hingga bermain paint ball. Pastinya akan menjadi rencana berlibur yang seru dan tidak terlupakan.

Satu aktivitas lain yang tidak kalah populer yaitu mengunjungi konservasi penangkaran rusa Jawa. Di lokasi penangkaran, fren dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan populasi rusa yang hidup dan berlarian bebas di alam terbuka. Fren diperbolehkan memberi makan rusa-rusa yang ditemui dengan memberi wortel atau sayuran yang lain.

Area penangkaran rusa Jawa ini memiliki luas sebesar 5 hektar. Adapun rusa yang ditangkar diketahui mempunyai bulu cokelat kemerahan yang indah. Sementara bulu di bagian leher dan kaki rusa terlihat lebih terang.

Tentu akan menjadi pengalaman berkemah yang lengkap bukan. Jadi pertimbangkan kawasan Ranca Upas untuk destinasi berkemah fren kali ini.

Write a Reply or Comment