27 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

28 Nov 2015
By admintph

Eisriesenwelt, Gua Es Terbesar Di Dunia

Eisriesenwelt, Gua Es Terbesar Di Dunia

Eisriesenwelt adalah sebuah gua es terbesar di dunia yang terletak di Werfen, Austria, sekitar 40 km jaraknya dari kota Salzburg. Nama Eisriesenwelt sendiri merupakan bahasa Jerman yang berarti “Dunia Raksasa Es”. Panjang gua es ini mencapai 42 km dan menjadi salah satu objek wisata paling menarik di Austria karena stalaktit dan stalakmit yang biasa kamu lihat dalam bentuk batuan, semuanya terbuat dari es di sini. Karena keunikannya, Eisriesenwelt dikunjungi sebanyak kurang lebih 200 ribu turis wisata setiap tahunnya baik dari luar maupun dalam negeri.

Gerbang menuju neraka

Keberadaan gua ini sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat lokal sejak dari dulu namun baru pertama kali “ditemukan” dan dieksplorasi oleh seorang ilmuwan bernama Anton Posselt. Penemuan gua ini oleh Posselt dilakukan pada tahun 1879 meski baru 200 meter pertama yang ia jelajahi. Sebelumnya masyarakat menganggap bahwa gua Eisriesenwelt adalah pintu gerbang menuju neraka, maka dari itu tidak ada yang berani masuk ke dalamnya apalagi menjelajahi. Penemuan Posselt ini kemudian ia terbitkan dalam sebuah majalah yang membahas mengenai pegunungan pada tahun 1880, namun tidak mendapat respon yang baik.

Namun seorang ilmuwan yang bernama Alexander von Mork memulai kembali ekspedisi ke Eisriesenwelt karena teringat dengan artikel Posselt. Setelah ekspedisinya pada tahun 1912, mulai banyak ilmuwan yang melakukan ekspedisi ke sana, dan akhirnya Eisriesenwelt dibuka untuk turis pada tahun 1920. Kereta gantung bahkan dibangun untuk memudahkan turis yang ingin melihat pemandangan gua tanpa mendaki.

Es yang nggak meleleh

Eisriesenwelt merupakan bagian dari Pegunungan Alpen yang merupakan salah satu pegunungan tertinggi di dunia setelah Everest, jadi wajar kalau suhunya memang sangat dingin. Sebagian besar dari gua Eisriesenwelt sebenarnya adalah batu kapur, sedangkan hanya 1 km pertama saja yang ditutupi oleh es. Selama musim dingin, angin dingin akan masuk ke dalam gua dan membekukan salju-salju yang masuk ke dalam gua. Sementara selama musim panas, angin dingin akan berhembus dari dalam gua ke arah luar sehingga lapisan es di bagian mulut gua tetap keras dan nggak meleleh.

Gua es kristal

Fren mungkin ada yang suka sekali dengan film Disney, Frozen. Di Eisriesenwelt kamu bisa merasakan seperti di dunia Forzen di mana tembok-tembok di sekitarmu adalah es-es yang beku dan seperti kristal. Nggak cuma stalaktit dan stalagmite saja yang bisa kamu nikmati, tetapi juga ada air terjun es yang membeku, tembok es yang mulus, kubah-kubah es, serta masih banyak lagi formasi es yang sangat menakjubkan dan membuat turis speechless.

Mendaki gua mungkin terdengar melelahkan untuk kamu tetapi selama pendakian setinggi 134 meter ini sudah difasilitasi dengan tangga yang nggak licin dan dirawat dengan baik sehingga aman. Kamu juga akan diberikan lentera untuk penerangan dan menambah kesan dramatis selama menjelajah gua. Karena suhunya yang mencapai 0 derajat Celcius bahkan lebih rendah, kamu harus memakai pakaian yang super hangat dan sepatu boot agar nggak mudah tergelincir.  Tur ke dalam Eisriesenwelt dibuka mulai bulan Mei hingga Oktober yang dimulai pukul 9 pagi. Setiap tur memakan waktu 75 menit dan tur terakhir dimulai  pada pukul setengah 4 sore.

Write a Reply or Comment