26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

17 Oct 2015
By admintph

Ingin Hanami di Jepang? Udah Tau Musimnya?

Ingin Hanami di Jepang? Udah Tau Musimnya?

Sakura merupakan bunga khas sekaligus ikon negeri Jepang. Dengan mekarnya bunga sakura, hal ini menjadi tanda datangnya musim semi yang di tunggu masyarakat Jepang. Bagi mereka, musim semi merupakan musim yang penuh dengan awal kebahagian, sekaligus penebus beratnya kehidupan di musim dingin.

Untuk menyambut kedatangannya, biasanya masyarakat Jepang akan melakukan perayaan hanami, berupa perayaan khusus untuk menikmati keindahan mekarnya bunga sakura. Dalam festival ini, warga Jepang akan beramai-ramai melakukan piknik dan melakukan pesta di bawah pohon sakura.

Kapan jadwal mekarnya bunga sakura?

Biasanya mekarnya bunga Bunga Sakura di Jepang akan berlangsung sekitar bulan April. Munculnya sakura di bulan ini pun diartikan sebagai datangnya festival hanami. Tidak hanya warga lokal saja, banyak turis mancanegara yang ikut dalam kemeriahan festival ini.

Bunga sakura ini sendiri hanya mekar selama 7 s/d 10 hari saja, dan akan mekar secara bertahap. Mekarnya bunga ini sendiri akan dimulai dari daerah selatan Jepang yang berudara lebih hangat, atau di mulai dari wilayah pulau Okinawa.

Setelah itu, mekarnya bunga sakura ini kemudian akan merambat ke bagian utara Jepang yang berakhir di pulau Hokkaido. Karena inilah festival hanami hanya di gelar satu kali di satu daerah, dalam tiap tahunnya. Selain itu, karena festival ini tergolong langka dan sangat spesial, rasanya sangat sayang kalau sampai dilewatkan.

Nah, kalau kamu sekarang ini sedang mengintip kapan mekarnya bunga sakura, dan berminat mengikuti festival hanami secara langsung, berikut merupakan jadwal yang bisa kamu jadikan sebagai panduan hanami di tiap daerah di Jepang. O iya, jadwal hanami ini sendiri langsung di kutip dari website Sakura Weather Map Japan.

  • Fukuoka (19 maret 2014)
  • Nagoya (24 maret 2014)
  • Tokyo (25 maret 2014)
  • Osaka (26 maret 2014)
  • Niigata (8 April 2014)
  • Sendai (9 April 2014)
  • Sapporo (1 Mei 2014)

Bagaimana, sudah tahu kan sekarang jadwal hanaminya, yuk kita persiapkan diri dan pilih tempat hanami yang sesuai dengan selera kamu. Selamat berlibur Fren!

Write a Reply or Comment