27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

10 Oct 2015
By admintph

Melihat Pesona Alam dari Puncak Rinjani

Melihat Pesona Alam dari Puncak Rinjani

Fren, kehebatan pemandangan alam Gunung Rinjani, Lombok, merupakan salah satu alasan utama banyak pelancong yang mengorbankan waktu dan tenaga mereka untuk datang ke sana. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk bisa menggapai satu dari tujuh atap langit Indonesia tersebut, mengingat gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Secara keseluruhan, Taman Nasional Gunung Rinjani hadir menyajikan banyak keindahan alam, dari mulai hamparan savana, eksotisnya pemandangan Danau Segara Anak, kecantikan air terjun dari sumber mata air panas, dan tentu saja hamparan hijau di sisi jalur Senaru yang sangat menghangatkan jiwa.

Perjalanan menuju Rinjani

Untuk menuju Rinjani, kamu disarankan untuk mulai dari Sembalun, yang merupakan jalur favorit para pendaki. Melalui jalur ini, kamu akan bisa menghemat sekitar 1 jam perjalanan jika dibandingkan dengan melewati gerbang RTC Sembalun. Tapi ingat Fren, tetap melakukan registrasi sesuai dengan aturan resmi Taman Nasional Gunung Rinjani. Ok!.

Perjalanan dari Timbanuh sampai pos 2 Taman Nasional Gunung Rinjani, biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam. Di pos 2 ini biasanya banyak pendaki yang mendirikan tenda. Hal tersebut tentu tidak lepas dari jernihnya mata air di sini yang seakan memancing pendaki untuk melepas lelah, bahkan bisa dijadikan bekal selama pendakian.

Setelah melewati pos 2, kamu akan dituntun untuk menuju Plawangan Sembalun. Sepanjang perjalanan, suguhan savana nan elok menjadi sajian pembuka paket keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani, sekaligus penebus rasa lelah dan sengatan matahari yang menemani kamu sepanjang perjalanan.

Tiba di Plawangan Sembalun, kamu akan disambut dengan indahnya Danau segara anak, yang merupakan jalur sempurna untuk menuju puncak Rinjani . Dari sini, kamu akan berjalan selama 5-6 jam, dengan jalur pendakian yang bervariasi, dari medan berat, ringan hingga medan terjal penuh bebatuan. Tapi semua itu tidak akan terasa, mengingat suguhan pemandangan luar biasa, selalu hadir menemani perjalanan kamu.

Saat tiba di puncak Rinjani, itulah bonus terbesar atas rasa lelah dan peluh yang harus kamu korbankan. Kalau kamu beruntung, di puncak Rinjani ini kamu bisa melihat langsung indahnya Danau Segara Anak, yang seolah di kawal oleh indahnya Plawangan Senaru. Sungguh indah alam Indonesia!

Write a Reply or Comment