30 °C
few clouds
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

11 Sep 2015
By admintph

Ngaku Suka Wisata Sejarah? Jangan Sampai melewatkan 5 tempat ini ya!

Ngaku Suka Wisata Sejarah? Jangan Sampai melewatkan 5 tempat ini ya!

Fren, sama seperti kamu, beberapa orang terlahir dengan keinginan dan hobinya tersendiri, termasuk dalam hal liburan. Ada orang yang suka berlibur ke pantai, alam terbuka, dan ada pula yang justru lebih suka berwisata ke tempat-tempat bersejarah.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu penggila destinasi wisata sejarah, berikut merupakan beberapa tempat terbaik yang wajib kamu kunjungi.

Candi Borobudur

Menurut UNESCO, candi Borobudur merupakan kompleks candi terbesar dan termegah di dunia. Kompleks candi yang terletak di Magelang, ini merupakan saksi kejayaan ajaran Buddha di Indonesia. Uniknya lagi, balok yang digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan, seluruhnya terbuat dari abu vulkanik Gunung Merapi yang dibekukan, dan disusun tanpa menggunakan semen sama sekali.

Candi Prambanan

Tidak hanya Buddha, ajaran Hindu pun sempat berjaya di Indonesia. Salah satu buktinya adalah, hadirnya Candi Prambanan. Bahkan candi Hindu ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. Yang paling unik, candi persembahan untuk Dewa Siwa ini memiliki banyak cerita rakyat, salah satunya adalah cerita Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg terletak kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta. Di dalamnya, kamu bisa melihat benda-benda peninggalan Belanda, sekaligus rekaman perjuangan rakyat Yogyakarta dalam menghadapi penjajahan Belanda. Dulunya, Benteng Vredeburg hanya menara yang terbuat dari kayu dan tanah liat. Setelah diambil alih Belanda, menara ini kemudian dibangun permanen dan diberi nama Fort Vredeburg.

Benteng Rotterdam

Selain pantai Losari, Benteng Rotterdam merupakan destinasi andalan kota Makassar. Benteng yang pertama kali dibangun oleh Kerjaan Gowa-Tallo ini berbentuk seperti seekor penyu atau kura-kura, yang menggambarkan kejayaan Gowa-Tallo di darat dan lautan. Dulunya, benteng ini bernama. Tapi setelah ditaklukkan Belanda, benteng ini berubah nama menjadi Fort Rotterdam.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah dulunya merupakan gedung balai kota lama peninggalan Belanda, dan biasa iebut juga sebagai Museum Sejarah Jakarta. Di dalamnya, kamu bisa melihat banyak koleksi sejarah, dari uli prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara, keramik antik dari China, mimbar Masjid Kampung Baru dan koleksi lebih dari 1000 judul buku dalam bahasa Melayu, Inggris, Belanda dan Arab.

Bagaimana Fren, tempat mana sih yang akan kamu kunjungi dalam libur kali ini?

Write a Reply or Comment