28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

27 Nov 2015
By admintph

Okunashima, Dunia Kelinci

Okunashima, Dunia Kelinci

Ingatkah dengan tragedi bom di Hiroshima dan Nagasaki? Kejadian Perang Dunia ke-2 memang tidak dapat dilupakan begitu saja. Tidak jauh dari Hiroshima pun terdapat sebuah pulau yang kala itu dijadikan sebagai tempat untuk memproduksi senjata kimia. Tahun 1929 sampai dengan 1945, sebuah pulau yang memiliki luas sekitar tujuh ratus meter persegi ini terletak di antara Hiroshimda dan Shikoku. Pada masa itu, pulau tersebut dikenal sebagai pulau yang berbahaya dan sangat terisolasi. Alasannya, banyak bahan kimia terdapat di pulau yang ada di negara Jepang. Sebanyak enam kilo ton gas kimia diproduksi di pulau yang ada pada negeri matahari terbit ini. Fren, apa nama pulau yang dimaksud? Okunoshima. Itulah nama pulau tersebut. Siapa sangka pulau yang dulunya sempat melarang warga lokal untuk memasuki kawasan pulau Okunoshima, kini sampai wisatawan manca negara pun sudah diperbolehkan untuk menginjakkan kaki ke pulau tersebut.

Dari Pulau Berbahaya Menjadi Pulau Kelinci

Pulau Okunoshima merupakan pulau yang sempat hilang di peta. Keberadaannya yang berbahaya memang hanya memperbolehkan orang-orang tertentu untuk memasuki kawasan pulau Okunoshima. Seiring perjalanan waktu, pulau Okunoshima pun mulai dihidupkan kembali. Pemerintah berusaha untuk mengembalikan kondisi sekitar agar layak untuk dihuni mahluk hidup. cara yang ditempuh adalah dengan mengirim sejumlah kelinci jantan dan kelinci betina ke pulau Okunoshima. Alhasil, kelinci-kelinci yang hidup di pulau Okunoshima dapat hidup dan berkembang-biak dengan sehat. Bahkan saat ini, populasi kelinci di pulau yang juga disebut sebagai Usagijima ini sudah dihuni hewan berkuping panjang sejumlah tiga ratus ekor kelinci. Sehingga mengindikasikan bahwa pulau Okunoshima sudah layak untuk dihuni dan termasuk aman.

Pulau Okunoshima, Pulau Wisata di Jepang

Keberadaan ratusan kelinci yang hidup di pulau Okunoshima menjadikan pulau ini sebagai pulau tujuan wisata di negeri matahari terbit. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung di sekitar Hiroshima dan Shikoku pasti mampir menyapa kawanan kelinci liar yang jinak kepada manusia. Ketika kamu berkunjung ke pulau Okunoshima, fren, bawalah wortel dan sayuran yang digemari hewan yang suka berjalan loncat ini. Setiap wisatawan yang berkunjung diperkenankan untuk memberi makan hewan-hewan menggemaskan tersebut. Foto bersama dengan satu atau ratusan kelinci, menjadi moment yang membahagiakan ketika kamu berkunjung ke pulau Okunoshima. Namun jangan sampai kamu membawa neko atau inu ke pulau Okunoshima.

Meskipun Aman Tetap Dalam Pengawasan

Mengingat pulau Okunoshima adalah pulau yang memproduksi senjata dengan bahan kimia berbahaya, maka statusnya tetap dalam pengawasan. Tahun 2005, dari pihak Kementrian Lingkungan Hidup negara Jepang, untuk tingkat arsenik atmosfer yang ada di pulau Okunoshima masih lebih besar empat puluh sembilan kali dari standar. Meskipun begitu, terpenting ketika berada di pulau Okunoshima, lebih baik berada di jalan resmi yang diperbolehkan untuk dikunjungi ya, fren.

Write a Reply or Comment