27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

21 Nov 2015
By admintph

Pantai Batu Hiu, Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

Pantai Batu Hiu, Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

Hiu adalah salah satu jenis ikan yang hidup di laut. Namun apakah kamu pernah berpikir kalau hiu ada di pantai, fren? Faktanya, ketika berkunjung ke pantai Pangandaran, tidak jauh dari pantai satu ini kamu akan menemukan hiu. Bukan hiu sungguhan melainkan batu berbentuk hiu yang terdapat di sebuah pantai. Pernahkah kamu mendengar pantai Batu Hiu? Berikut untuk kamu ketahui.

Letak Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu adalah nama dari sebuah pantai yang berada di desa pantai selatan bernama Desa Ciliang. Letaknya sekitar empat belas kilometer ketika ditempuh melalui pantai Pangandaran. Menuju pantai Batu Hiu, kamu dapat berjalan kaki dari pantai Pangandaran sambil menikmati kanan dan kiri suasana yang ada disekitar. Atau dapat dengan naik sepeda motor, mobil, atau bis bersama rombongan. Jangan lupa menyediakan uang untuk membayar tiket masuk yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang kamu kendarai ketika hendak menuju ke pantai Batu Hiu.

Asal-usul Nama Batu Hiu

Pantai yang memiliki nama Batu Hiu bukan asal memiliki nama tersebut. Asal-usul nama pantai Batu Hiu konon dari sebuah legenda. Terjadi ketika abad kesebelas, wilayah desa Ciliang kala itu dimasuki oleh sekumpulan pasukan pengawal yang dipimpin sepasang suami istri, Aki Gede dan Nini Gede. Ki Braja Lintang, menangkap seekor ikan dan ikan itu adalah hiu. Namun Aki Gede memberikan perintah agar Ki Braja Lintang mengembalikan ikan hiu tersebut. anehnya ketika ikan hiu dilepaskan kembali ke laut, berubah wujud menjadi Batu Hiu.

Bukit Pandan Wong

Tidak jauh dari pantai Batu Hiu, kamu dapat naik ke bukit yang ditumbuhi tanaman pandan wong. Untuk dapat naik ke bukit tersebut, ada sebuah patung ikan hiu raksasa. Masuklah ke mulut ikan hiu tersebut yang mengarahkan fren menuju ke bukit tersebut. Keindahan pantai Batu Hiu dapat disaksikan sempurna dari atas bukit. Tidak heran, banyak wisatawan yang selalu tertarik untuk naik ke bukit yang memiliki tanaman pandan wong. Dan lihatlah di pinggir pantai ada sebuah bongkahan batu besar yang mirip dengan hiu. Konon bongkahan batu besar itulah perubahan wujud dari ikan hiu.

Keindahan Pantai Batu Hiu

Menikmati keindahan pantai Batu Hiu juga dapat kamu lakukan dengan sekadar berjalan di pinggir pantai. Namun fren harus berhati-hati karena banyak ubur-ubur yang terdapat di pasir pantai. Fren, kamu juga dapat sekadar duduk-duduk dengan memanfaatkan keberadaan gazebo yang disediakan di pantai Batu Hiu. Selain itu, selepas puas menikmati pantai Batu Hiu yang memiliki tipe ombak besar, kamu dapat membeli oleh-oleh yang dijual di sekitar pantai Batu Hiu. Penasaran dengan Batu Hiu? Datang saja ke pantai Batu Hiu.

Write a Reply or Comment