30 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

07 Oct 2015
By admintph

Petra; Kemegahan yang Terpahat di Dinding Tebing

Petra; Kemegahan yang Terpahat di Dinding Tebing

Petra merupakan sebuah situs arkeologikal di Yordania yang menyimpan banyak sekali keindahan. Situs bersejarah yang menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1985 ini terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, yang merupakan lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba.

Petra sendiri merupakan sebuah reruntuhan kota tua di Yordania yang didirikan dengan cara memahat dinding-dinding batu. Kata Petra sendiri berasal dari bahasa Yunani, yang berarti batu atau kota batu. Dulunya, Petra merupakan simbol kejayaan teknik memahat sekaligus sebagai tempat perlindungan yang istimewa dari serangan musuh.

Di masa lalu, Petra merupakan Ibu Kota kerajaan Nabatean, dan didirikan sembilan tahun sebelum Masehi hingga tahun ke-40 M oleh Raja Aretas IV. Kota ini sendiri dirancang sebagai basis pertahanan yang sulit ditembus oleh musuh, baik dengan serangan senjata berat atau pasukan lainnya. Selain serangan musuh, Petra pun menjadi tempat berlindung sempurna bagi serangan badai pasir.

Walaupun tergolong sebagai kota kuno, tapi Petra dikenal sebagai maha karya yang luar biasa karena suku Nabatean telah berhasil membangun Petra dengan sistem pengairan yang luar biasa rumit dan susah dipecahkan oleh ilmu arsitektur modern, bahkan di dalamnya terdapat terowongan air serta bilik air yang menyalurkan air bersih ke kota.

Teknik ini sendiri dikatakan sebagai salah satu teknik perlindungan arsitek Petra dari ancaman bahaya banjir mendadak. Tidak hanya itu, mereka pun memiliki teknologi hidrolik yang bisa digunakan untuk mengangkat air. Dengan kata lain, Petra jauh dari kesan kuno. Justru Petra di sebut sebagai kebudayaan canggih dari masa lampau.

Hingga saat ini, sudah banyak turis yang datang ke Petra, untuk sekedar mengabadikannya dalam potret atau video. Untuk kamu yang ingin mendapatkan tangkapan gambar yang lebih spektakuler, sebaiknya kunjungi Petra di malam hari, kemudian abadikan kota dinding batu ini dengan kamera tanpa flash. Dijamin, mata kamu akan dimanjakan dengan suasana yang terlihat begitu megah.

Write a Reply or Comment