27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

15 Oct 2015
By admintph

Puncak Carstensz, Keindahan Salju di Papua

Puncak Carstensz, Keindahan Salju di Papua

Fren, walaupun Indonesia merupakan negara tropis, tapi kita juga punya salju abadi lho, yakni salju yang berada di Puncak Carstensz, di pegunungan Jayawijaya, Papua Barat. O iya, tempat ini pun menjadi salah satu Seven Summits, atau tujuh puncak tertinggi di dunia.

Seperti di sebutkan di atas, Puncak Carstensz berada di wilayah Pegunungan Jayawijaya yang mencakupi 3 kabupaten, yakni kabupaten Puncak Jaya, Intan Jaya dan Mimika. Alasan kenapa ada salju di sana, hal tersebut karena Puncak Carstensz berada di ketinggian 4.884 mdpl, sehingga udara di sana sangat dingin.

Seperti ditulis dalam situs pariwisata Indonesia, indonesia.travel, penemu Puncak Carstensz adalah Jan Carstensz, seorang penjelajah asal Belanda. Puncak Carstensz sendiri pertama kali di temukan pada tahun 1623 silam. Tapi sayangnya, karena sulitnya mengenali medan menuju ke sana, para pendaki setelah Jan Carstensz baru bisa mendaki puncaknya pada tahun 1963.

Secara keseluruhan, luas salju abadi di Puncak Carstensz mencapai 5.800 hektar. Di And terdapat banyak sekali keajaiban, dari mulai salju abadi, sungai terbalik (mengalir dari atas ke bawah), hujan es, sungai air garam dan berbagai keajaiban lainnya.

Jika anda serius ingin menaklukkan Puncak Carstensz, hal yang harus dipersiapkan dengan matang adalah, kesiapan fisik yang prima. Berdasarkan beberapa pengalaman traveler, latihan fisik seperti jogging atau panjat tebing selama tiga bulan sebelum waktu pendakian, merupakan hal yang harus dilakukan. Yang paling harus diwaspadai adalah, suhu puncaknya yang mampu mencapai angka 0 derajat Celcius.

Dari Jakarta ke Puncak Carstensz

Jika kamu pelancong yang berangkat dari Jakarta, kamu bisa naik pesawat menuju Timika atau Nabire. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang di pesawat perintis (berkapasitas 12 kursi) untuk menuju Sugapa di Intan Jaya. Dari perjalanan sini saja,  aura petualangan sudah mulai terasa.

Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Ugimba. Perjalanan menuju ke desa ini sendiri, memakan waktu hingga 8 jam. Dari desa terpencil ini, saatnya kamu mulai mempersiapkan fisik, dan mental, mengingat perjalanan menuju Puncak Carstensz bisa memakan waktu, paling cepat selama 4 hari.

Bagaimana Fren, tertarik untuk menaklukkan Puncak Carstensz?

Write a Reply or Comment