26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

20 Jan 2016
By admintph

Selain Goa Pindul, Cobain Juga Goa Kalisuci Fren

Selain Goa Pindul, Cobain Juga Goa Kalisuci Fren

Obyek wisata Goa Pindul belakangan ini ramai dipadati pengunjung. Alhasil untuk bisa menelusuri eksotisme Goa Pindul pengunjung mesti rela antri selama berjam-jam lamanya. Selain Goa Pindul, Gunungkidul sebenarnya masih memiliki destinasi lain yang tidak kalah seru. Goa Kalisuci adalah salah satunya. Berencana liburan ke Gunungkidul? Cobain juga keseruan bertualang di Goa Kalisuci fren.

Goa Kalisuci, Gunungkidul

Karst Kalisuci di Gunungkidul, Yogyakarta menyuguhkan wisata jelajah Goa Kalisuci. Di sini fren bisa menyusuri sungai yang ada di dalam tanah dan melalui jeram dari tingkatan rendah. Bila dibanding dengan jeram Sungai Elo dan Sungai Progo, jeram Kalisuci memang tidak begitu sangar. Karenanya Goa Kalisuci amat direkomendasikan bagi para pemula seperlu menambah jam terbang arung jeram sekaligus caving.

Fren dapat menyusui sungai dalam gua bawah tanah menggunakan ban dalam yang berfungsi menjadi pengganti perahu. Selain itu, fren juga perlu membekali diri dengan alat penerangan. Pasalnya kegiatan susur Goa Kalisuci ini akan melewati lorong gelap, sehingga fren membutuhkan senter sebagai alat penerangan utama. Jadi bagi fren yang memiliki fobia dengan ruang gelap dan sempit, jangan coba-coba.

Susur 5 Goa Sekaligus

Tepatnya ada 5 gua yang saling terhubung di kawasan Karst Kalisuci ini. Sebut saja mulai dari Goa Glatikan, Goa Suci, Goa Buri Omah, Goa Gelung, dan juga Goa Brubug. Adapun kelima gua tersebut dapat ditelusuri dalam 1 waktu. Sementara sungai di bawa gua yang melalui sederatan goa tersebut memiliki lebar yang berbeda-beda, antara 5-10 meter.

Aliran sungai diketahui membentang sejauh 500 meter. Saat susur Goa Kalisuci pastikan fren akan dimanjakan dengan ekosistem dan ornamen dalam goa. Apalagi keseruan makin mantap terasa saat harus melewati sungai yang berkelok-kelok. Bila beruntung fren juga bisa melihat langsung kelelawar yang sedang bergelantungan atau terbang bebas.

Kegiatan Lain di Goa Kalisuci

Dengan keelokan yang ditawarkan, Kalisuci pun menjelalma menjadi surga tersembunyi pagi pecinta rafting dan cabing. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena ternyata Goa Kalisuci menjadi tempat cave tubing terbaik di dunia menyusul Selandia Baru dan Meksiko.

Tidak hanya itu saja. Selain untuk tekreasi, Kalisuci juga menjadi kawasan wisata pendidikan dan penelitian seperlu mempelajari Sepologi (ilmu tentang goa) dan speleogenesis (ilmu asal mula terbentu goa dan morfologi kawasan batu). Karenanya akan terasa kurang bila fren tidak mampir ke Goa Kalisuci saat berlibur ke Gunungkidul.

Lokasi dan Rute

Goa Kalisuci tepatnya berada di dusun Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi masih belum ada akses angkutan umum. Oleh karena itu, fren peru membawa kendaraan pribadi sendiri.

Kalisuci dapat ditempuh dari arah Yogyakarta dengan rute Yogya kota menuju Wonosari lalu kecamatan Semanu dan terakhir Goa Kalisuci. Sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum sudah tersedia fasilitas pendukung seperti rumah makan, toilet, penyewaan peralawan vave tubin, dan lainnya.

Write a Reply or Comment