28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

20 Nov 2015
By admintph

Wisata Kamu di Kampung Jamu Semarang

Wisata Kamu di Kampung Jamu Semarang

Indonesia adalah negara yang kaya dengan hasil rempah-rempah. Untuk itu kamu harus bangga dan melestarikan kekayaan rempah-rempah yang dimiliki bumi pertiwi ini. Ketika berkunjung ke kota Semarang, ibukota provinsi Jawa Tengah untuk wisata, mampirlah ke Kampung Jamu. Di Kampung Jamu, kamu akan belajar mengenai berbagai jenis tanaman herbal termasuk merasakan langsung kesegaran dari jamu-jamu tradisional yang ada di sana.

Kampung Jamu Semarang

Tiba di Kampung Jamu, kamu akan disambut dengan pemandangan yang serba hijau. Ada banyak sawah yang terhampar. Termasuk keberadaan perkebunan rempah-rempah yang tidak kalah luas. Sembari refreshing, badanpun menjadi sehat karena kamu dapat minum jamu. Sambutan segelas secang hangat dapat kamu minum, fren, ketika wisata ke Kampung Jamu.

Kampung Jamu Konsep Organik

Kampung Jamu memiliki luas satu hektar dan menjadi tempat budidaya berbagai jenis tanaman rempah-rempah. Sebagai kampung wisata, Kampung Jamu kerap dikunjungi oleh wisatawan. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung berupa rombongan. Tidak rugi ketika berada di Kampung Jamu. Kamu akan diajak berkeliling Kampung Jamu. Melihat berbagai jenis tanaman rempah yang ada di sana. Bersama Jeng Ratu, sebutan bagi tour guide ketika di Kampung Jamu, para wisatawan akan dijelaskan mengenai rempah-rempah dan segala seluk-beluk tentang tanaman herbal yang ditanam tersebut. Melihat budidaya rempah-rempah yang ada, Kampung Jamu mengusung konsep organik tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya dalam budidayanya.

Edukasi Meracik Jamu Tradisional

Setelah selesai keliling perkebunan, Jeng Ratu akan memberikan edukasi. Yaitu, edukasi meracik jamu tradisional. Telah disiapkan bahan-bahan untuk meracik jamu tradisional. Wisatawan akan diperkenalkan mengenai jamu yang diekstrak dari daun, akar, dan tanaman tradisional yang ada. Ada jeruk nipis, kencur, gula, daun mint, dan beberapa bahan lain. Tentunya seiring dengan perkembangan zaman, kamu tetap tidak boleh melupakan cara tradisional dalam meracik jamu, fren.

Fasilitas Makan Siang Menu Tradisional

Tidak sekadar disuguh dengan segelas jamu hangat. Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Jamu juga disuguhi fasilitas yang mengenyangkan. Ketika kamu dan rombongan wisatawan datang menjelang siang, maka menu makan siang tradisional menyapa. Muai dari telur, tempe, sayur lodeh, lalapan lengkap suda terhidang dan siap disantap.

Souvenir Bibit Rempah dari Kampung Jamu

Jangan sampai pulang dengan tangan kosong ya, fren. Di Kampung Jamu Semarang juga menawarkan souvenir berupa bibit rempah. Belilah sebagai souvenir dan tanam di rumah. Tentunya ketika bibit rempah tersebut dapat tumbuh subur, kamu bisa membuat jamu sendiri di rumah. Dan yang tidak boleh ketinggalan, Jeng Ratu juga menyediakan kosnultasi kesehatan gratis bagi wisatawan yang ingin berobat. Konsultasi gratis mengenai kesehatan juga akan dilayani oleh Jeng Ratu di Kampung Jamu. Jadi, tunggu apalagi, pilih tempat wisata yang sehat itu ke Kampung Jamu, fren.

Write a Reply or Comment