31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

Tren Pekerjaan Baru yang Muncul Berkat Internet

Tren Pekerjaan Baru yang Muncul Berkat Internet

Kalau dulu pekerjaan yang selalu disebutkan anak kecil berkisar pada dokter, polisi, atau pengacara, sekarang tren tersebut mulai berubah. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan berkat internet, jenis pekerjaan digital muncul sebagai mimpi banyak orang, loh Fren!

Apa saja jenis pekerjaan baru yang muncul?

Piko berhasil merangkum beberapa yang paling terkenal dan bisa kamu lakukan sendiri dengan bermodal peralatan sederhana, rajin dan tawakal. Nih beberapa contohnya:

Selebtwit

Aktif di twitter bisa jadi mendatangkan rejeki berlimpah. Kalau kamu punya banyak follower, kamu bisa nih menjadi selebtwit atau selebriti twitter. Salah satu kerjaannya adalah memulai pembicaraan mengenai brand yang langsung jadi viral di platform sosial media tersebut.

Selebgram

Selebragm terbentuk dari kata Selebritis Instagram. Dari dua kata itu aja, sudah pasti sehari-hari mereka bermain Instagram dan terkenal di platform sosial media itu. Salah satu pekerjaan selebgram yakni mempromosikan produk tertentu lewat akun Instagram mereka yang disebut dengan nama endorsement. Jangan salah nih, satu kali endorsement produk oleh selebrgam bisa seharga Rp. 1,5 juta loh Fren! Fantastis banget, ya?

Game Reviewer

Kalau kamu sering menggunakan YouTube untuk menonton video, kamu pasti nggak asing dengan nama PewDiePie. Dia ini orang paling terkenal dengan video me-review game yang jadi pekerjaannya semenjak 2010. Meski dia terlihat Cuma teriak-teriakan di setiap videonya, PewDiePie bisa meraup penghasilan mengalahkan dokter loh Fren, sekitar Rp. 40 miliar per tahun. Sadis!

Beauty Vlogger

Jenis pekerjaan ini sama terkenalnya dengan game reviewer di YouTube. Berkat Michelle Phan, seorang beauty vlogger yang mengunggah videonya memakai make-up sekarang ini banyak perempuan muda berlomba-lomba menjadi Beauty Guru di YouTube. Semakin terkenal, Beauty Vlogger ini bisa berkolaborasi dengan serentetan brand makeup atau bahkan memiliki makeup bikinan mereka sendiri.

Vj Siaran Makan atau Mukbang

Pekerjaan ini tentu datangnya dari Korea. Di sini, vj yang menemani kamu dalam video berdurasi rata-rata 5-10 menit ini kerjanya Cuma makan. Kamu akan melihat porsi makan para vj mukbang bisa mencapai jumlah yang mampu memberi makan orang sekampung. Konon tarif siaran makan atau mukbang ini  dapat mencapai Rp. 120 juta.

Itulah beberapa pekerjaan yang muncul berkat perkembangan zaman. Dari pekerjaan yang udah disebutin di atas, kira-kira pekerjaan mana yang mau kamu coba nanti?

Write a Reply or Comment