30 °C
few clouds
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

27 Nov 2015
By admintph

Batik Sudah Mendunia lho, Fren!

Batik Sudah Mendunia lho, Fren!

Batik adalah salah satu warisan budaya asli Indonesia. Batik memiliki banyak motif yang sangat indah dan elegan. Beberapa kota penghasil batik yang terkenal seperti Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, dan lainnya memiliki motif khas tersendiri. Sampai saat ini, batik semakin dikenal tidak hanya di dalam negeri namun sudah sampai ke luar negeri. Tentunya sebagai warga Indonesia fren harus ikut berbangga dengan keluarnya batik sebagai produk eskpor asli Indonesia dan asli warisan budaya yang diakui dunia bahkan oleh UNESCO.

Batik Indonesia dan Nelson Mandela

Sepertinya fren belum lupa dengan tokoh inspiratif dunia, Nelson Mandela. Meskipun sudah tiada, namun jasa beliau terhadap memperkenalkan batik hingga ke berbagai dunia patut diacungi jempol. Secara tidak langsung, Nelson Mandela kerap mengenakan batik dalam berbagai acara. Awalnya, Nelson Mandela mengenakan batik saat melakukan kunjungan ke Indonesia pada tahun 1990 silam. Karena melihat Nelson Mandela mengenakan batik, maka sedikit demi sedikit rakyat Afrika dan orang lain bahkan tokoh penting lainnya pun ikut mengenakan batik. Alhasil, batik Indonesia pun mendunia hingga sekarang.

Batik Megamendung Menginspirasi Desainer Asal Inggris

Fren pasti tahu dengan motif batik megamendung. Motif batik asal kota Cirebon ini sudah mendunia hingga ke Inggris. Buktinya, seorang desainer asal Inggris bernama Julien Macdonald menghasilkan rancangan yang terinspirasi dari motif batik Megamendung. Julien Macdonald memperkenalkan desain rancangan pada Spring 2012 lalu.

Batik Indonesia di Ajang Pameran Washington DC

Tahun 2011, batik dari Indonesia juga sudah dikenal hingga Washington DC dalam ajang pameran yang dibuka oleh istri Duta Besar Indonesia untuk negara Amerika Serikat, bernama Rosa Rai. Kala itu, beliau memperkenalkan batik Indonesia melalui “Indonesian Batik: World Heritage”. Pameran diselenggarakan di KBRI Wahington DC tahun 2011. Dalam pameran tersebut, ada enam puluh lebih motif batik asli karya anak negeri yang dipamerkan.

Batik Indonesia Sudah Menjadi Produk Ekspor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa batik menjadi salah satu produk ekspor. Buktinya adalah pada bulan Januari 2015 sampai bulan Juli 2015, negara yang terkenal dengan sebutan negeri Paman Sam menjadi salah satu tujuan ekspor batik. Negara Amerika Serikat menjadi negara ekspor batik dengan persentase sekitar empat puluh tiga persen. Negeri matahari terbit Jepang pun juga menghargai batik Indonesia. Sehingga Indonesia juga kerap mengirim batik ke negara Jepang dengan persentase ekspor sebesar sembilan persen. Di bawahnya menyusul negara yang terkenal dengan K-Pop menjadi tujuan ekspor batik Indonesia dengan persentase sekitar enam koma lima persen. Kemudian di negara Jerman pun menjadi tujuan Indonesia dalam ekspor batik. Persentase ekspor batik ke Jerman berkisar lima persen. Jadi, kamu seharusnya harus selalu bangga ketika mengenakan batik ya fren.

Write a Reply or Comment