28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

24 Sep 2015
By admintph

Cara Merawat Tas dan Sepatu Kulit Agar Tahan Lama

Cara Merawat Tas dan Sepatu Kulit Agar Tahan Lama

Fren, di antara bahan lainnya, beragam asesoris yang menggunakan kulit, lebih tahan lama dan kuat ketimbang bahan lainnya, seperti kulit imitasi ataupun kain. Karena itulah asesoris kulit, seperti sepatu dan tas, kerap dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Karena nilainya yang tinggi, sudah sepantasnya kita menjaga dan merawat tas dan sepatu kulit kita, agar tetap kinclong dan tahan lama. Dilansir dalam Boldsky, berikut merupakan cara merawan tas dan sepatu kulit agar tahan lama dan tetap kinclong sepanjang waktu.

Hindari Terik Sinar Matahari

Sama seperti kulit kita, tas atau sepatu yang berbahan kulit sangat anti dengan yang namanya sinar UV. Untuk itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, jika asesoris berbahan kulit dibiarkan terkena terik matahari, warnanya akan pudar, dan teksturnya akan menjadi kasar.

Jauhkan dari air

Sebaiknya hindari meletakkan tas atau sepatu di tempat berair, lembab dan lainnya. Tempat lembab merupakan lahan yang subur untuk tumbuhnya jamur. Dengan kata lain, ketika tas atau sepatu kulit kamu lembab dan dibiarkan begitu saja, potensi tumbuh jamur akan semakin besar.

Menghindari jamur

Seperti disebutkan di atas, tas atau sepatu kulit, sangat rentan ditumbuhi jamur. Untuk itu, sebisa mungkin lakukan perawatan khusus agar jamur tidak tumbuh dalam aksesori kesayangan kamu. Kalau sepatu atau tas kamu akan di simpan, sebaiknya tempatkan di lemari yang dilengkapi dengan kamper atau silica gel.

Jauhkan dari plastik

Salah satu musuh utama asesoris berbahan kulit adalah plastik. Pasalnya, zat kimia dalam plastik akan menyerap warna tas atau sepatu kulit kamu, hingga akhirnya menimbulkan bercak noda yang tidak sedap di pandang. Gunakan media penyimpanan yang menggunakan bahan kain atau bahan ramah lainnya.

Cara membersihkan

Sebenarnya, membersihkan tas atau sepatu berbahan kulit cukup mudah dilakukan, kamu tinggal membersihkannya dengan menggunakan lotion, minyak zaitun, lemon atau sabun khusus untuk kulit asesoris kulit. Gunakan juga semir khusus perawatan bahan kulit yang banyak dijual di pasaran.

Hindari bahan ini

Sebaiknya hindari menggunakan produk perawatan yang menggunakan bahan pelarut petroleum, minyak petroleum dan silikon. Bahan-bahan tersebut bisa meninggalkan noda, sampai akhirnya merusak tekstur tas atau sepatu kulit kamu. Agar lebih aman, kamu bisa menggunakan perawatan bahan alami, seperti minyak zaitun ataupun lemon.

Dengan disiplin dan rutin melakukan perawatan, niscaya tas atau sepatu kulit kamu akan tetap kinclong dan bernilai tinggi. Selamat mencoba!

Write a Reply or Comment