30 °C
few clouds
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

22 Nov 2015
By admintph

Food Truck yang Lagi Hits

Food Truck yang Lagi Hits

Berburu kuliner kini sudah menjadi gaya hidup yang semakin berkembang. Nggak cuma karena makan adalah kebutuhan primer bagi manusia, tetapi juga karena semakin banyak penjual makanan yang semakin kreatif dengan ide-ide yang bisa membuat pengalaman menyantap makanan menjadi lebih asik. Salah satu tren kuliner yang saat ini lagi banyak berseliweran adalah penjual makanan food truck. Apa itu food truck? Food truck adalah penjual makanan yang memanfaatkan mobil panjang misalnya VW Combi atau Suzuki Elf yang dimodifikasi sedemikian rupa agar menyerupai kedai makanan atau bar mini. Sebenarnya menjual makanan seperti ini sudah lama ada, tetapi baru-baru ini semakin banyak penjual yang kreatif dengan dekorasi mobil yang unik dan cara penyajian yang nggak kalah seru pula.

Desain mobil yang mencolok

Untuk menarik orang yang lewat jadi pembeli, tentu para penjual makanan ala food truck ini harus memutar otak. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan mengubah desain baik interior dan eksterior mobil dengan warna dan motif yang sesuai dengan konsep jualan dan juga bisa menarik perhatian pengunjung. Para pelaku bisnis ini mengaku lebih suka menggunakan cutting sticker untuk menutupi cat luar mobilnya agar gampang untuk digonta-ganti. Sedangkan untuk bagian dalam mobil umumnya hanya berupa dapur yang digunakan untuk memasak dan meja panjang untuk melayani pembeli. Nggak jarang pula ada fitur tambahan kayak televisi, musik, dan lampu-lampu lucu.

Konsep grab and go yang praktis

Kuliner food truck ini cepat masuk dan diterima oleh masyarakat Indonesia terutama di kalangan anak muda karena selain desainnya yang unik, konsepnya juga praktis. Setelah memesan, penjual akan memberikan makanan dengan wadah yang bisa langsung dibuang sehingga pembeli bebas mau makan di mana saja dan penjual nggak perlu direpotkan dengan urusan cuci piring dan sendok. Makanan yang dijual di food truck juga sangat beragam dan umumnya agak sulit ditemukan di restoran, apalagi dengan harga yang terjangkau.

Bisnis yang menjanjikan

Fren yang ada niat untuk bisnis, bisa lho mencoba untuk bisnis food truck ini karena cukup menjanjikan keuntungannya. Modal yang kamu perlukan adalah mobil yang cukup besar untuk konsep food truck kamu, lalu siapkan pula dana untuk memodifikasi mobil jadi dapur lengkap dengan dekorasinya. Modalnya memang cukup besar, bisa setara dengan membuat satu buah restoran, tetapi untuk selanjutnya kamu nggak perlu bayar sewa tempat, biaya operasional, bayar pegawai banyak, dan kamu bisa bebas menentukan kapan waktu mau jualan. Penjual food truck biasanya banyak ditemukan di tempat-tempat umum kayak taman, di pinggir jalan, atau saat sedang ada event-event tertentu. Gimana, Fren? Tertarik untuk membuat food truck-mu sendiri?

Write a Reply or Comment