31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

04 Sep 2015
By admintph

Geliat Film Pencak Silat Indonesia

Geliat Film Pencak Silat Indonesia

Fren, sebagai penggemar film, tentu kamu tahu bagaimana hebatnya The Raid dalam mengaduk-aduk emosi penonton dengan dengan silatnya yang memukau. Yup, setelah cukup lama tidur panjang dari dunia film Indonesia, akhirnya seni bela diri pencak silat kembali masuk sebagai salah satu sajian utama film Indonesia.

Di tahun 80an hingga 90an, kita bisa melihat bagaimana perkembangan film berlatar pencak silat merajai bioskop Indonesia, dari mulai Brama Kumbara, Tutur Tinular, dan film lainnya. Bahkan saking suksesnya, di tahun tersebut, beredar film serial yang berlatar pencak silat, sebut saja Si Buta Dari Goa Hantu, Wiro Sableng dan lainnya.

Tapi sayang, setelah itu pencak silat seolah mati suri di dunia perfilman Indonesia, dan tergusur oleh berbagai genre film lainnya, terutama film-film drama cinta, film remaja ala American Pie, komedi dan tentu saja film horor, lengkap dengan bumbu esek-eseknya.

Bangkit dan mendunia lewat The Raid

Di tengah gempuran berbagai genre film yang banyak menyelipkan adegan dewasa, muncul sebuah film yang bahkan sanggup menjadi salah satu film Indonesia yang diperhitungkan dalam dunia perfilman internasional. Dia adalah The Raid, dengan gerakan pencak silat yang indah, bertenaga dan sedikit brutal.

Terbukti, setelah mendunianya The Raid, beberapa film laga lainnya dengan adegan jotos-jotosan ala pencak silat mulai bermunculan, dari mulai The Raid 2: Berandal, Pendekar Tongkat Emas, dan yang terbaru adalah 3 (Alif, Lam, Mim), serta beberapa judul film lainnya.

Selain itu, diakui atau tidak, peran The Raid dalam memperkenalkan silat ke dunia Internasional lewat film dirasa cukup besar. Bahkan karena film ini, warga Inggris dikabarkan keranjingan dan tertarik untuk mempelajari pencak silat.

Uniknya lagi, sekarang banyak film Hollywood yang menyertakan koreografi ala pencak silat dalam adegan pertarungannya. Buktinya, sutradara Film Captain America: The Winter Soldier, Anthony dan Joe Russo, mengakui jika adegan pertarungan film ini terinspirasi dari film The Raid.

Selain dunia film, baru-baru ini sebuah rumor menyatakan jika Katsuhiro Harada, produser serial Tekken, tertarik untuk memasukkan karakter Mad Dog (Yayan Ruhian ) dalam serial video Games terbarunya, Tekken 7, tentu saja dengan membawa liukan indah pencak silat.

Dan satu lagi Fren, kita tunggu kehadiran adalah, Film Star Wars: The Force Awakens garapan JJ Abrams, yang kabarnya akan melibatkan trio The Raid (Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman ), yang akan bertarung dengan menggunakan koreografi pencak silat (teras kasi).

Catatan

Tahun 2009, sebenarnya muncul film yang menggunakan koreografi pencak silat di dalamnya, yakni Merantau. Film ini sendiri dibintangi oleh Iko Uwais dengan sutradara Gareth Evans. Merantau dinilai sebagai asal mula bangkitnya kembali pencak silat di Film Indonesia, yang kemudian disusul dengan ledakan The Raid, dengan aktor dan sutradara yang sama.

Write a Reply or Comment