28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

25 Sep 2015
By admintph

Metamorfosis Musik Taylor Swift di Album 1989

Metamorfosis Musik Taylor Swift di Album 1989

Setelah cukup lama absen mengeluarkan album baru, penyanyi country asal Nashville, Taylor Swift, sekarang ini kembali memanaskan industri musik dengan menelurkan album kelimanya yang bertajuk 1989. Dalam album ini, Taylor menyajikan sebanyak 13 lagu, dengan Hits Blank Space dan Bad Blood.

Lewat album ini, Taylor seolah ingin memperlihatkan kepada para penggemarnya dan para penikmat musik jika dia bukan Taylor Swift yang dulu. Hal ini terlihat jelas dari perubahan komposisi musiknya yang jauh melenceng dari country, yang selama ini melekat pada diri Taylor.

Jika melihat komposisi lagu yang disajikannya, album 1989 terlihat mengarah ke genre pop, synthpop atau technopop. Dengan kata lain, dalam album ini, Taylor seolah ingin mentransformasikan dirinya sebagai penyanyi pop, bukan sebagai penyanyi country lagi.

1989 Hanya Puncak

Keinginan Taylor untuk berpindah haluan ke musik pop sebenarnya bukan terlihat kali ini saja. Dalam album sebelumnya, yakni Fearless, Speak Now dan Red, Taylor terlihat banyak menyematkan unsur musik pop, walaupun unsur nuansa musik country tetap dipertahankan sebagai komposisi utamanya.

Dengan berpindahnya haluan ke genre musik pop, Taylor kini seolah ingin langsung berhadapan dengan beberapa penyanyi pop papan atas lainnya, seperti mantan sahabatnya sendiri Katy Perry, Lady Gaga, serta beberapa musisi pop lainnya.

Dalam sebuah wawancara Radio di Amerika, Taylor mengakui jika proses pembuatan album ini mendapat banyak inspirasi dari beberapa penyanyi pop lainnya, Avril Lavigne, Lana Del Rey dan lainnya. Bahkan beberapa lagu dalam album tersebut, diakui Taylor memiliki jiwa dari penyanyi-penyanyi tersebut.

Misalnya saja lagu Shake It Off yang mengingatkan kita kepada sosok Avril Lavigne dalam albumnya The Best Damn Thing dan Wildest Dreams, dengan sentuhan musik ala Lana Del Rey. Dengan perubahan genre musik ini, Taylor seolah ingin menunjukkan jika dirinya ingin membentuk imej baru, terlebih judul albumnya sendiri 1989, yang merupakan tahun kelahiran Taylor.

Bagaimana menurut kamu Fren, apakah album 1989 ini merupakan pertanda Taylor akan masuk ke dunia musik pop?

Write a Reply or Comment